Kesehatan

Sajian Jamu Kekinian di Jakarta

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 09 Oktober 2018
Sajian Jamu Kekinian di Jakarta
Jamu terbukti masih memiliki peminatnya. (Foto: Pixabay/cgdsro)

JAMU, alternatif pengobatan dan energi bukanlah hal yang asing. Penggemar jamu tak kunjung berkurang. Herbal tanah air ini tetap menjadi buruan orang-orang yang percaya khasiat penyembuhannya. Bagaimana dengan di Jakarta? Apakah warganya juga gemar meminum jamu? Jawaban iya!

Kedai-kedai jamu di Jakarta tak pernah kekurangan tamunya. Ada tiga kedai jamu yang layak dikunjungi dan menjadi tempat hang out. Pelanggannnya pun dari berbagai tingkatan usia dan status sosial. Apalagi kabar dari mulut ke mulut menjadi promosi yang tak terbantahkan bagi kedai-kedai jamu ini.

Laman Arah Destinasi menelusuri tiga kedai jamu di Jakarta.

Sentra Jamu Indonesia

jamu
Dari bahan herbal ini kemudian diracik dan dikemas secar modern. (Foto: Pexels/stevepb)

Bila kamu berada di wilayah Jakarta Barat, ada kafe masa kini yang ternyata menyediakan juga menu jamu. Lokasi di Jalan Panjang Arteri Kelapa Dua Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Kafe milik Sido Muncul. Sesuai dengan konsep kekianian, desainnya seperti bar dan ada peracik jamu yang bertindak layaknya barista.

Banyak jenis jamu bisa dinikmati di kafe ini, mulai dari jamu pegel linu, tolak angin, stamina laki-laki, wanita bugar atau beras kencur. Disini jamu tak hanya disajikan dalam kondisi panas. Bagi yang tak terlalu suka jamu atau baru pertama kali ingin merasakan kenikmatan jamu. Bisa mencoba ramuan kekinian seperti es krim tolak angin.

Sentra Jamu Indonesia juga menyediakan menu makan yang beragam dan lezat. Seperti lontong cap gomeh, tahu petis, pindang kudus komplet, babat gongso, lodeh ikan asin, nasi bali atau nasi tengkleng. Harga perporsi jamu Rp25 ribu, sedangkan untuk makanan jika dirata-rata Rp50 ribu.

Jamu Bukti Mentjos

jamu
Ramuan kuno yang masih memberikan keampuhannya. (Foto: Pexels/Marta Branco)

Kedai Jamu Bukti Mentjos ada di rumah tua di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Kedainya sederhana saja, dengan toples-toples jamu berbentuk kuno. Kemudian meja dan kursi kayu diletakan mengelilingi area pembuat jamunya. Kalau mau duduk lebih lama terdapat meja dan kursi pula. Selain meminum jamu di situ, Jamu Bukti Metjos juga melayani take away.

Selain jamu kedai ini juga menjuak berbagai jajanan pasar dan menu pendukung lain seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam dan bubur sumsum. Harga jamu seduh tanpa telur ayam kampung Rp23 ribu dan dengan telur Rp30 ribu. Untuk makanan pendamping seperti bubur kacang hijau dan menu lain Rp15 ribu/porsi. Kedai jamu ini buka dari pukul 09.00 hingga 21.30.

Jamu Bukti Mentjos sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu di Solo. Kemudian pada tahun 1950-an, pemiliknya pindah ke Jakarta dan tetap menggeluti jamu. Mereka mempertahankan hubungan dengan pemasok bahan-bahan jamu di Solo, yang kemudian diolah di Jakarta.

Tak butuh waktu lama khasiat Jamu Bukti Mentjos tersiar dari mulut ke mulut. Pembelinya tak mengenal usia dan stastus sosial. Mulai dari pekerja bangunan hingga orang-orang berduit yang datang dengan mobil mewah. Mereka menikmati khasiat jamu dengan nuansa suasana tempo dulu.



Suwe Ora Jamu

jahe
Sajian wedang rempah memberikan kesegaran. (Foto: Pexels/Pixabay)


Suwe Ora Jamu bentuknya mendekati kafe dengan interior tempo dulu. Dari depan tampak kecil, tetapi begitu masuk, tersedia ruangan cukup luas, bagian depan dan belakang. Keduanya menawarkan suasana yang nyaman dengan interior gambungan kekinian dan tempo dulu.

Kafe jamu yang terletak di Jalan Petogogan, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menawarkan aneka minuman tradisional dan jamu seduh. Mulai dari Jamu seduh singset, asmara, jelita, tentrem dan masih banyak lagi. Selain jamu, kedai ini juga menyediakan minuman rempah-rempah, seperti wedang alang-alang, beras kencur, kunyit lime atau rosela.

Tak ketinggalan adalah makanan. Kedai ini menawarkan aneka menu makanan seperti tape dan singkong goreng dan nasi goreng kecombrang juga beberapa sajian lainnya. Suwe Ora Jamu baru buka pukul 15.00. (*)

#Jamu
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan