Sajian Daging Kambing tanpa Aroma Prengus, ini Triknya

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 22 Agustus 2018
Sajian Daging Kambing tanpa Aroma Prengus, ini Triknya
Ada perlakuan khusus agar daging kambing enggak prengus. (foto: pixabay/svenhilker)

IDUL Adha amat identik dengan aneka sajian berbahan dasar kambing. Hal itu wajar saja, mengingat di hari itu umat muslim melakukan kurban sapi ataupun kambing.

Mengolah kambing memang tidak semudah mengolah daging jenis lainnya. Aroma khas kambing (prengus) bisa sangat mengganggu saat menikmati daging ini. Namun, dengan pengolahan yang tepat, kamu bisa menikmati daging kambing tanpa aroma prengus.

Berikut trik melenyapkan aroma prengus dari daging kambing.

Cuci daging sampai bersih

Mencuci daging hingga bersih di bawah air mengalir merupakan cara paling mudah menghilangkan bau prengus. Selain bau yang berasal dari daging itu sendiri, bisa jadi bau prengus muncul akibat adanya bakteri atau kuman. Selain itu, sebaiknya daging kambing segera diolah setelah penyembelihan.

Rendam terlebih dahulu

Merendam daging dalam larutan perendam yang terbuat dari perasan jeruk nipis atau lemon,kecap, cuka, garam, dan lada akan menghilangkan prengus dengan sempurna. Terlebih lagi, merendam daging membuatnya lebih lezat dan empuk saat disantap.

Manfaatkan susu

Susu bikin daging empuk. (foto: pixabay/coleur)

Selain dalam larutan rempah-rempah, merendam daging kambing juga bisa dilakukan dengan menggunakan susu. Kandungan gizi pada susu akan melunakkan daging kambing. Untuk hasil yang maksimal, rendamlah daging dalam susu selama sehari semalam.

Manfaatkan yoghurt

Pilihan perendam lainnya ialah yoghurt. Mikroorganisme baik dalam yoghurt membantu menghilangkan kotoran serta bakteri yang terdapat dalam daging. Seperti saat menggunakan susu, kamu bisa merendam daging dalam yoghurt sehari semalam. Namun, jangan sampai terlampau lama merendam daging ya, karena akan membuat daging kambing hancur saat dimasak.

Hilangkan lemaknya

Lemak yang menempel pada daging kambing merupakan salah satu penyebab bau prengus. Oleh karena itu, jika kamu akan menyimpan daging dalam waktu yang cukup lama, pisahkan daging dengan lemaknya. Pastikan tak ada lemak yang menempel pada daging.

Mengolahnya dengan rempah-rempah

Memasak daging kambing dalam rempah membuatnya wangi. (foto: pixabay/monicore)

Kamu juga bisa menggunakan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat ketika memasaknya. Rempah beraroma kuat seperti cengkih, jeruk purut, serai, dan kapulaga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan bau prengus.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan