Musik

Saint Loco Ganti 'Status' Jadi Lebih Keras

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 01 Januari 2023
Saint Loco Ganti 'Status' Jadi Lebih Keras
Saint Loco terlihat begitu aktif setahun ke belakang. (Foto: Dok/Saint Loco)

BEBERAPA bulan ke belakang bila diperhatikan, Saint Loco tengah sibuk dengan berbagai agenda. Mulai dari rilis single terbaru hingga konser merayakan 20 tahun kebersamaan mereka bertajuk A Journey Back HOME yang sukses di gelar pada November 2022.

Menuju pergantian ke 2023, Saint Loco tengah mencoba merubah status terkait genre yang dimainkan. Bila para penggemar mengenal musik yang dimainkan di awal kemunculannya sebagai hip rock, sekarang para personel Saint Loco secara kompak menyebutnya sebagai Hip Metalcore. Pergantian genre tersebut bukan tanpa alasan, salah satu personel Timotius mengungkapkan alasan dibalik perubahan tersebut.

Baca juga:

Saint Loco Rayakan Dua Dekade dengan 'A Journey Back HOME'

Saint Loco rayakan usia ke-20 pada 2022 kemarin. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

“Kita banyak menggubah pattern dari seluruh komponen, mulai dari produksi hingga hal detail lainnya. Ini bertujuan agar musik Saint Loco bisa lebih dikenal oleh para pendengar baru dan para pendengar lama tetap setia dengan perubahan yang ada,” ungkap Tius.

Bak melewati medan perang, Saint Loco memutuskan kembali bangkit dengan batasan genre yang dianut. Tak hanya sekadar berganti ‘status’ genre semata, unit beranggotakan Berry Manoch, Nyonk Webster Manuhutu, Gilbert Joshua, Iwan Hoediarto, dan Timotius Firman ini, sepakat untuk menghidupkan kembali rutinitas Saint Loco dalam bermusik dengan kehadiran Anindya Pramadhyana sebagai vokalis baru. Mereka juga menyiapkan album baru yang direncanakan rilis pada 2023.

Baca juga:

Saint Loco Kolaborasi Bareng JKT Blackwork Hadirkan 'NAKL (Naluri Kualitas Akal)'

Saint Loco memilih ganti 'status' genre menjadi lebih keras. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

“Sebagian proses ini tentunya menghasilkan pendewasaan dari masing-masing personel yang sangat memengaruhi dalam proses kreatif dan ramuan lirik sebagai pesan kehidupan,” lanjut Tius.

Kehadiran vokalis baru tentu membawa nuansa yang lebih segar bagi Saint Loco, mengingat pria yang akrab di sapa Dimas itu memiliki rekam jejak di band lain mulai dari 21st Night, Art Of Tree, Sowhat hingga Rahasia Intelejen.

Terciptalah single terbaru berjudul Nirmala yang sarat akan irama metalcore, rock dan tak lupa selipan rap yang tetap jadi ciri khas dari Saint Loco. Perilisan Nirmala pun menjadi penanda akan kehadiran album terbarunya nanti. Salah satu personel pun sempat membocorkan perilisan album tersebut yaitu pada gelaran Hammersonic Festival 2023 mendatang. (far)

Baca juga:

'A Journey Back HOME', Perayaan 20 Tahun Saint Loco Berjalan Intim

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia #Januari Ganti Status
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan