Sahabat Gus Ipul: Kami Sepakat untuk Mengharamkan Ide yang... Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, (Foto: MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com-Salah satu komunitas pendukung bakal calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, yaitu "Sahabat Gus Ipul" berkomitmen melakukan kegiatan kreatif dengan ide-idenya yang inovatif.

"Kami juga sepakat untuk mengharamkan ide yang mengarah ke ujaran kebencian karena sangat tidak dibenarkan," ujar Koordinator "Sahabat Gus Ipul" (GI) Hasan Bisri ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (12/11).

Menurut dia, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018 ini banyak sekali isu-isu yang nantinya diarahkan oleh pihak tertentu untuk menciptakan suasana tidak kondusif sehingga harus dilakukan cara untuk meredamnya.

Komunitasnya, kata dia, berjanji menyuguhkan ide-ide kreatif dengan tidak merugikan atau menyudutkan pihak lain agar suasana di Jatim tetap terjaga dan kondusif.

"Karena itulah di ulang tahunnya yang pertama ini, kami ingin mengingatkan relawan maupun seluruh masyarakat agar menjadikan Pilkada di Jatim tetap adem (dingin)," kata Hasan seperti dikutip Antara.

Sementara itu, "Sahabat Gus Ipul" yang mayoritas beranggotakan anak muda menggelar tasyakuran setelah pada setahun lalu, 10 November 2016 didirikan.

"Sahabat Gus Ipul" yang salah satunya mengelola akun fanpage Facebook @sahabatGI kini telah memiliki 327 ribu "follower" atau pengikut aktif dan telah menjangkau lebih dari 1,2 juta pengguna Facebook di provinsi setempat.

"Saat itu, ada jurnalis, aktivis, mahasiswa, serta pelajar yang kebetulan semuanya mengenal sosok Gus Ipul baik sebagai wakil gubernur maupun sebagai salah satu wakil ketua PBNU," katanya.

Selain mengabadikan kegiatan Gus Ipul, "Sahabat Gus Ipul" juga menggelar berbagai kegiatan, di antaranya mengajak 1.200 warung kopi dan melibatkan 40 ribu warga untuk menggelar "ngopi bareng" seruput serentak disingkat Ngopi SER-SER memecahkan rekor MURI.

"Tujuan dari kegiatan yang diinisiasi Gus Ipul ini adalah untuk mengkampanyekan gemar minum kopi Jawa Timur," katanya.

"Sahabat Gus Ipul" juga menggelar pelatihan internet sehat bagi 1.800 pelajar, serta nonton bareng film "Kartini" yang melibatkan 5.000 pelajar



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH