Sah, Khofifah Tantang Gus Ipul untuk Kali Ketiga Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Elestianto Dardak (kanan). (Antara Foto/Didik Suhartono)

MerahPutih.com - Nama Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf, dipastikan kembali bertarung di pilgub Jatim. Hal ini menyusul pasangan bakal calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur sah menjadi pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Jadi dua paslon ini telah memenuhi syarat, baik dari sisi pencalonan maupun calon. Jadi, kami nyatakan sah." kata kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, dalam Rapat Pleno Terbuka di kantor KPU Jatim Jalan Tenggilis Surabaya Senin, (12/2).

Penetapan yang disahkan oleh KPU Jatim ini, juga disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum, maupun tim sukses kedua paslon. Dan mereka semua menerima ketetapan tersebut.

Sementara Ketua Bawaslu Jatim, Mohammad Amin mengatakan, jika dengan telah ditetapkan kedua pasangan calon, merupakan awal tahapan Pilkada Jatim telah dimulai.

Dengan demikian, lanjutnya, kedua paslon punya hak dan kewajiban serta larangan-larangan yang harus dipatuhi.

"Tiga hari nanti sudah masuk dalam tahap kampanye. Maka dari itu kita ingatkan mereka untuk berhati-hati," ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah dua kali antara Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pernah berkompetisi berebut kursi di Pilgub Jatim.

Jika dua periode sebelumnya, Gus Ipul yang mencalonkan sebagai Wagub Jatim mendampingi Soekarwo, selalu menang. Kini Gus Ipul maju sebagai Calon Gubernur. Dan Soekarwo sebagai Ketua Partai Demokrat kini justru mendukung Khofifah untuk 'melawan' Gus Ipul. (*)

Berita ini laporan Budi Lentera, kontributor merahputih.com, untuk Surabaya dan sekitarnya.

Baca juga berita terkait di: Jika Khofifah Menang di Atas Kertas, Gus Ipul Menang Berdasarkan Kitab Jawa



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH