Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Sah, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin Jadi Presiden-Wakil Presiden RI Periode 2019-2024

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 20 Oktober 2019
 Sah, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin Jadi Presiden-Wakil Presiden RI Periode 2019-2024
Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto: Darwis Triadi via Biro Pers Setpres)

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma'ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

Baca Juga:

Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Anies: Semoga Amanat Rakyat Ditunaikan dengan Baik

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi di Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Presiden Jokowi bersalaman dengan Wapres KH Ma'ruf Amin
Presiden Jokowi bersalaman dengan KH Ma'ruf Amin (Foto: antaranews)

Setelah itu, Ma'ruf juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI. Dengan ini, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan.

Ma'ruf sendiri sah sebagai Wakil Presiden. Plat mobilnya lantas diganti menjadi RI 2 dan ia bertukar tempat duduk dengan Wapres kedua belas Jusuf Kalla.

Rangkaian acara sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma'ruf berlanjut. Keputusan KPU berisi penetapan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dibacakan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan petikan keputusan KPU tentang penetapan Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wapres terpilih. Jokowi memenangi Pilpres 2019 setelah meraup 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Baca Juga:

Megawati dan SBY Kompak Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh tokoh-tokoh dan pejabat negara. Tampak ada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara itu, pemimpin negara sahabat yang hadir di antaranya Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III.(*)

Baca Juga:

Jelang Pelantikan, Kiai Ma'ruf Ngaku Deg-degan

#Joko Widodo #KH Ma'ruf Amin #Presiden Jokowi #Ketua MPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan