Saffron Bumbu Rempah Mahal Berkhasiat Kegunaan Saffron Si Bunga Cantik Untuk Kesehatan (Sumber: Pixabay/Ulleo)

SAFFRON merupakan putik dari bunga Crocus yang dikeringkan dalam beberapa waktu. Proses mengeringkan putiknya juga membutuhkan teknik dan harus sangat hati-hati. Dilansir dari healthline.com, dengan proses sulit dan panjang, saffron adalah bumbu rempah paling mahal karena bisa merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

Putiknya berwarna merah dan memiliki aroma yang sangat kuat. Rasanya pahit dan tajam. Saffron saat ini diakui kehebatannya dalam dunia kesehatan. Meskipun bentuknya kecil dan susah didapat, banyak orang yang berlomba-lomba memburunya.

Baca juga: Dari Detoks Sampai Lawan Sel Kanker, Ketahui Berbagai Manfaat Daun Pepaya

Secara umum cara mengkonsumsi saffron cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan segelas air panas dan mencelupkan saffron ke dalamnya kemudian minum saat hangat. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk intip ulasan berikut ini.

1. Antioksidan

Antioksidan untuk membunuh sel-sel radikal (Sumber: Pixabay/guvo59)
Antioksidan untuk membunuh sel-sel radikal (Foto_ Pixabay_guvo59)

Saffron mengandung antioksidan tinggi sehingga khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan sel-sel radikal yang akan berkembang menjadi kanker.

Saffron bisa bekerja sebagai sel penghancur sel berbahaya di dalam tubuh. Selain itu, kulit wajah membutuhkan antioksidan untuk meregenerasi jaringan-jaringan agar selalu kencang dan senantiasa terlihat muda.

Baca juga: Manfaat Saat Sering Mengonsumsi Telur Puyuh

2. Diet

Membantu program diet (Sumber: Pixabay/Pexels)
Membantu program diet (Sumber: Pixabay/Pexels)

Mengkonsumsi saffron secara rutin dapat mengkontrol nafsu makan. Hal ini menjadikan saffron sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu mengkonsumsi saffron juga ampuh menghilangkan perut buncit. Ia menghancurkan lemak-lemak di sekitar perut dan pinggul.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

meningkatkan kualitas tidur (Sumber: Pixabay/Claudio_Scott)
meningkatkan kualitas tidur (Sumber: Pixabay/Claudio_Scott)

Kandungan anti-depresan dalam putik saffron dapat menenangkan pikiran dan perasaan. Tubuh akan semakin rileks sesudah mengkonsumsinya. Tetapi berbeda dengan obat anti-depresan bersifat kimiawi yang akan menimbulkan efek samping di kemudian hari, saffron merupakan rempah alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

Biasakan untuk meminum air hangat campuran saffron saat malam hari agar kualitas tidurmu meningkat. Tubuh relaks saat tidur, bangun pagi lebih segar!

Baca juga: Waspada Tremor, Ketahui Cara Pencegahan yang Tepat

4. Mencegah Penyakit Fungsi Otak

Mencegah penyakit fungsi otak (Sumber: Pixabay/Sbtlneet)
Mencegah penyakit fungsi otak (Sumber: Pixabay/Sbtlneet)

Saffron mengandung senyawa crotein dan crocin yang berfungsi untuk melindungi otak dari kerusakan internal maupun eksternal. Dalam hal ini saffron dapat dipercaya untuk mengobati penyakit Alzheimer dan meningkatkan daya ingat otak. (mar)

Baca Juga: Makanan-Makanan ini Terbukti Ampuh untuk Mengurangi Rasa Sakit


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH