Safari Politik Airlangga Hartanto Hal Biasa, Bukan Untuk Keluar dari Koalisi Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (MP/Ponco Sulaksono)

Merahputih.com - Koordinator Bidang Kelembagaan Partai Golkar, Idrus Marham meyakini safari politik yang dilakukan ketua umum Airlangga Hartarto ke berbagai pimpinan partai politik tidak akan mengubah sikap Golkar mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pemilu Presiden 2019.

"Saya punya keyakinan, kalau ketemu dengan antarpimpinan itu merupakan hal biasa untuk melakukan pendekatan dalam pengertian penjajakan tapi pendekatan apapun yang dilakukan tidak mengubah keputusan partai," kata Idrus di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/7).

Hal itu dikatakannya terkait langkah politik Airlangga yang bertemu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu.

Idrus mengatakan, dalam pertemuan antara Airlangga, SBY dan Muhaimin, ketiganya hanya saling tukar informasi terkait banyak hal.

Airlangga
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/3). (ANTARA FOTO/Biropers-Muchlis)

"Dalam masyarakat majemuk seperti indonesia komunikasi politik adalah keniscayaan, apakah itu oposisi atau tidak," ujarnya dikutip Antara.

Dia mengatakan pertemuan Airlangga dengan SBY dan Muhaimin bukan membahas koalisi alternatif, dan Airlangga tidak akan terpengaruh dengan ajakan membangun koalisi alternatif apabila ada pembahasan.

Idrus meyakini Airlangga tidak akan terpengaruh apabila ada ajakan untuk membangun koalisi alternatif dan tetap mempertahankan sikap Golkar mendukung Jokowi.

"Komunikasi itu adalah keniscayaan dalam dunia politik. Namun yang penting kalau bertemu orang tidak terpengaruh dan saya jamin ketua umum saya tidak terpengaruh apa-apa," ujarnya.

Idrus menilai safari politik Airlangga itu hanya bagian dari upaya penjajakan untuk mengajak partai politik bergabung ke koalisi Jokowi. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH