Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm Sadari dan berhenti melakukan Self-harm. (Unsplash/Jude Beck)

HAMPIR semua orang menghadapi masalah yang cukup besar di 2020 ini. Sayangnya, tidak semuanya bisa bertahan di tengah krisis yang bisa mencederai kesehatan mental kita.

Di tengah pandemi ini, sebagian besar orang mengalami pergulatan secara emosional dan perilaku-perilaku yang menyakitkan, bahkan terpikir untuk menyakiti diri sendiri.

Baca juga:

Langkah Sederhana untuk Menjaga Pikiran tetap Sehat di 2020

Seorang terapis, Racine Henry mengatakan kepada Huffpost bahwa kebanyakan masalah kesehatan mental ini menyangkut pikiran dan perilaku yang mengarah pada hal-hal untuk menyakiti diri mereka sendiri.

Salah satu bentuk pemikiran itu seperti, "apa reaksi temanku ketika aku meninggal". Hal ini dilakukan untuk keluar dari masalah atau kesulitan yang mereka hadapi. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyadari dan berhenti menyakiti diri sendiri.

1. Akui Apa yang Sedang Terjadi

Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm
Sadari apa yang sedang kamu pikirkan. (Unsplash/Anh Nguyen)

Ketika kamu mulai menyadari adanya pemikiran-pemikiran untuk menyakiti diri sendiri, cobalah melihat dan sadari bahwa hal itu memang sedang terjadi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kondisi yang semakin buruk. Ketahuilah bahwa menyakiti diri sendiri tentu bukanlah jalan keluar untuk menghilangkan rasa sakit.

2. Alihkan Perhatian

Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm
Alihkan perhatianmu ketika mulai memikirkan self harming. (Unsplash/Ben Blennerhassett)

Coba alihkan fokus pikiranmu ke hal lain dalam waktu beberapa menit saja. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengelola pikiran kita menjadi lebih baik.

Bisa dengan mendengarkan musik, jalan-jalan, atau menonton acara-acara lucu yang mengalihkan pikiranmu.

3. Identifikasi Pemicunya

Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm
Kenali apa yang menjadi pemicunya. (Unsplash/Eric Ward)

Kamu perlua melihat ke dalam diri sendiri. Pikiran-pikiran apa yang membuatmu terpacu untuk menyakiti diri sendiri. Entah itu membaca atau melihat sesuatu dan memicu pemikiran self-harm itu sendiri.

Self-harm tentu bisa kamu atasi dan nantinya kamu akan merasa lega telah terhindar dari masalah-masalah itu.

Baca juga:

3 Kata yang Kerap Diucapkan Orang yang Ingin Bunuh Diri

4. Beritahu Orang yang Kamu Percaya

Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm
Bicarakan dengan orang-orang yang kamu percayai. (Unsplash/Jorge Saavedra)

Entah itu teman dekat, pacar, atau kerabatmu sendiri penting untuk diberitahu tentang masalah yang ada di dalam pikiran.

Ketika kamu ingin merahasiakannya justru akan semakin berbahaya. Sehingga beritahulah pada orang-orang yang kamu percayai untuk rasa aman.

5. Bicara dengan Ahlinya

Sadari dan Berhenti Melakukan Self-Harm
Konsultasikan dengan ahli kesehatan mental. (Unsplash/Amy Hirschi)

Ketika self-harm yang kamu alami ini sudah terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Sudah saatnya kamu pergi menemui ahli kesehatan mental.

Hal ini merupakan salah satu langkah yang paling efektif untuk menyembuhkan pikiran-pikiran itu. Karena dengan ahli kamu akan melakukan terapi untuk sembuh dari penyakit ini. (ren)

Baca juga:

Bernostalgia, Bikin Bahagia atau Sedih?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya