Sabun Cuci Berbahan Minyak Jelantah

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 09 September 2022
Sabun Cuci Berbahan Minyak Jelantah
Tak hanya diolah menjadi sabun cuci biasa, minyak jelantah juga dijadikan sabun cuci batik. (Foto: Instagram/@langis_soap)

SABUN cuci terbuat dari bahan-bahan kimia terbarukan mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau sabun cuci terbuat dari minyak jelantah bekas menggoreng? Orang mungkin masih jarang mengetahui atau bahkan memakainya. Sabun ini berhasil dibuat oleh warga Bantul, Yogyakarta.

Berawal dari kegiatan sosial masyarakat setempat yang bernama bank sampah, Yomi Windri Asni, karib disapa bu Yomi, mencetus pembuatan sabun minyak jelantah. Sabun itu bernama Langis Soap.

Pada 2018, Bu Yomi bersama dengan kegiatan sosialnya mengumpulkan minyak jelantah. Hasil yang didapatkan bisa mencapai 70 liter per bulannya. Setelah itu, Bu Yomi memutuskan untuk mengolah minyak jelantah tersebut. Dia membangun UMKM pada 2020 yang menghasilkan daur ulang minyak jelantah sebagai sabun.

Baca juga:

Platform E-Commerce Gencarkan Pelatihan Literasi Digital Pada UMKM

sabun minyak jelantah
Berawal dari kegiatan sosial masyarakat setempat yang bernama bank sampah, Yomi Windri Asni, karib disapa bu Yomi, mencetus pembuatan sabun minyak jelantah. (Foto: Instagram/@Langis_soap)

Omsetnya sekira 40 juta per tahunnya. Tak hanya diolah menjadi sabun cuci biasa, minyak jelantah juga dijadikan sabun cuci batik. “Sabun menggunakan sistem curing time untuk menjaga kadar pH-nya,” ujar Yomi Windri Asni kepada Merahputih.com.

Sabun higienis ini tentunya dibuat dengan bahan-bahan yang memiliki kualitas baik. Sehingga aman bagi semua jenis kulit. Tak perlu ragu untuk memakai sabun cuci tersebut. Pada saat mencuci menggunakan Langis, kamu juga akan merasa aman karena produk ini tidak akan menimbulkan rasa panas di tangan kamu.

Pembuatan sabun ini bertujuan untuk mengolah minyak jelantah supaya tidak membahayakan lingkungan. Ini dikarenakan sabun langis dibuat dengan dengan cara dan bahan alami. Tanpa menggunakan deterjen atau pun pemutih.

Baca juga:

Perbedaan UKM, UMKM, IKM, dan Startup

sabun cuci minyak jelantah
Produk langis ini terdiri dari dua jenis, yaitu langis batang dan juga langis cair. (Foto: Instagram/@Langis_soap)

Hasil yang kamu dapatkan apabila mencuci menggunakan sabun cukup baik. Noda yang keras atau membandel hilang tanpa sisa. Begitu juga dengan sabun cuci batik yang bisa menjaga warna serta kecerahan batik. Sekali pun itu batik yang menggunakan pewarna alam seperti batik tulis maupun ecoprint.

Produk langis ini terdiri dari dua jenis, yaitu langis batang dan juga langis cair. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Kamu juga tidak perlu ragu mengenai wangi yang ditimbulkan dari Langis soap tersebut. Meskipun terbuat dari minyak jelantah, sabun ini memiliki wangi yang menyenangkan. Untuk mendapatkan wangi yang enak, menarik, dan tahan lama, Bu yomi menggunakan essential oil. Apabila kamu tertarik untuk mencoba dan membantu UMKM tersebut, kamu bisa mengunjungi karyaperempuan.id. (yos)

Baca juga:

Inovasi Penjaminan dan Pendampingan Siap Bantu UMKM Merdesa Go International

#UMKM #Ramah Lingkungan #Minyak Goreng
Bagikan
Bagikan