Sabun, Beda Kandungan, Beda Manfaat Memilih sabun harus sesuai kandungan untuk manfaatnya. (Foto: wholefoodsmarket)

Sabun bagi semua orang sama saja, untuk membersihkan badan dari kuman, bakteri dan kotoran serta debu. Padahal sabun tidaklah sesederhana tersebut.

Sabun memiliki kandungan berbeda manfaatnya pun berbeda. Ada tambahan lain bukan hanya untuk manfaat kebersihan saja tapi perawatan kulit tubuh. Tentunya kandungan yang ada pada sabun ditentukan oleh jenis kulit Anda.

Sabun cair atau sabun padat menjadi pilihan sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Tanggal kadaluarsa harus Anda perhatikan untuk menghindari gangguan pada kulit.

1. Pilihlah sabun yang memiliki pH mendekati kulit yakni 5,5-6,5. Hindari sabun dengan pH di atas 7.

2. Jangan membeli sabun dengan zat pewarna, lemak hewani, triclosan C dan sodium hydroxide. Dampaknya kulit bisa berminyak, iritasi atau berjerawat.

3. Pilihlah sabun yang mengandung vailex dan antibakteri dengan kemampuan menetralkan dan mengontrol bau badan.

4. Bagi Anda yang memilih sabun batangan perhatikan pemakaiannya. Jika sudah lembek atau permukaannya berlendir, sebaiknya ganti dengan yang baru. Sebab bisa jadi terkontaminasi bakteri. Pakailah tempat sabun yang memiliki lubang air agar tak menggenangi sabunnya.

5. Sabun dengan kandungan glycerin, petroleum, beeswax atau madu sangat bagus untuk menjaga kelembapan dan kehalusan kulit.

6. Bila ingin membersihkan kulit hingga pori-pori maka carilah sabun abrasive.

7. Yang harus diperhatikan adalah tanggal kadaluarsanya. Jika sudah terlewat sebaiknya jangan dibeli daripada menimbulkan gangguan kesehatan kulit. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH