Sabu 1 Ton yang Diungkap Polisi Bisa Borong 56 Mobil Mewah LaFerrari Aperta Mobil Ferrari LaFerrari Aperta hanya diproduksi sesuai pesanan 200 unit, ditambah sembilan unit yang digunakan untuk roadshow ulang tahun ke-70 Ferrari. (MP/Rizki Fitrianto)

Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2017, catatan gemilang kembali ditorehkan institusi kepolisian Indonesia. Pasalnya, sebanyak 1 ton narkoba jenis sabu-sabu berhasil diungkap oleh Tim Gabungan Dit Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok di Serang, Banten, Kamis (13/7) dini hari.

Tim yang tergabung dalam Satgas Merah Putih tersebut telah menggagalkan penyelundupan sabu-sabu dengan melibatkan 3 orang warga negara Taiwan.

Dari pengungkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan Lin Ming Hui yang berperan sebagai bos pengiriman, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Sementara, lelaki bernama Hsu Yung Li masih dalam pengejaran petugas.

"Ada dua mobil Innova. Sebanyak 27 karung di Innova gold dan 24 karung di Innova hitam. Jadi, totalnya ada 51 karung. Untuk masing-masing karung berisi 20 kilogram sabu," kata Kasat Narkoba Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana.

Berdasarkan data yang dihimpun merahputih.com, 1 ton narkoba itu jika dirupiahkan berarti setara dengan 15 mobil mewah jenis LaFerrari Aperta.

Adapun rincian kalau 1 gram bisa dijual dengan harga Rp 400.000 dikalikan 1.000 akan menghasilkan Rp 400 juta.

Jika sabu itu 1 ton, berarti Rp 400 juta masih dikalikan kembali dengan 1.000. Maka, hasil yang akan diketahui sebesar Rp 400 miliar.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyebutkan bahwa jika dirupiahkan barang haram tersebut bernilai Rp 1,5 triliun.

"Ini salah satu terbesar. Kalau di kurs, 'kan, hampir Rp1,5 triliun dan 2 juta umat manusia bisa diselamatkan," kata Iriawan di lokasi saat wawancara dengan salah satu televisi swasta, Kamis (13/7).

Dengan nominal tersebut ternyata mampu memborong mobil mewah nomor satu di dunia itu, LaFerrari Aperta, sebanyak 56 unit.

Sedangkan untuk harga satuan mobil tersebut sebesar Rp26 miliar.

Sebagai informasi, LaFerrari Aperta adalah mobil yang dibuat secara eksklusif hanya sebanyak 209 unit di seluruh dunia.

LaFerrari Aperta berfokus pada bagian bawahnya agar performa dinamisnya tetap baik seperti mobil keluaran Ferrari lainnya. Setara dengan tenaga 950 kuda, LaFerrari Aperta bisa memacu kecepatan dari 0 sampai 200 km/jam kurang dari tujuh detik. (*)

Baca berita terkait pengungkapan sabu 1 ton lainnya di: Gagalkan Sabu 1 Ton, Kapolda Metro: Ini Pengungkapan Terbesar



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE