Teknologi

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal pada Uang Kertas

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 20 September 2018
Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal pada Uang Kertas
Generasi milenials lebih suka cashless. (Foto: Pexels/bruce mars)

DI era digital seperti saat ini teknologi mengalami akselerasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat secara otomatis membawa pengaruh bagi cara dan gaya hidup. Salah satu aspek kehidupan yang mendapat pengaruh dari teknologi adalah cara kita dalam bertransaksi.

“Semua institusi keuangan dari regulator hingga pemerintah sudah menggaungkan cashless society,” ucap Senior Vice President Mandiri Consumer Deposits, Muhammad Gumilang.

cashless
Masyarakat saat ini memilih membayar non tunai. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Kebijakan yang digaungkan oleh pemerintah tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat, terutama generasi milenial. Sebagai generasi yang tumbuh dan berkembang bersama teknologi, generasi milenial adalah generasi yang mampu mengendalikan perkembangan teknologi, salah satunya pembayaran non tunai.

Generasi muda jauh lebih senang berbelanja secara cashless (non tunai) daripada membayar dengan uang. Mereka menilai pembayaran cashless jauh lebih praktis dan aman. Mereka tak perlu membawa uang kala bepergian kemanapun.

Menurut praktisi financial technology, NusaPay, Desy Yati, generasi muda saat ini cenderung mengikuti apa yang menjadi tren di masyarakat. “Ketika mereka melihat temannya melakukan transaksi secara cashless, secara otomatis mereka akan mengikuti dan tanpa disadari telah menjadi bagian dari gaya hidup mereka,” urainya.

cashless
Pemakaian kartu debit atau kredit lebih banyak digunakan saat ini. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Metode transaksi nontunai terbagi menjadi berbagai macam jenis. “Generasi muda saat ini lebih senang melakukan transaksi dengan debit card, m-banking, t-cash, dan lain sebagainya,” tutur pemerhati ekonomi sekaligus Vice President Comissioner of Matahari, Roy N Mandey. Dari banyaknya metode transaksi nontunai, Roy menjelaskan bahwa pembayaran dengan debit card paling banyak dipilih oleh generasi muda.

Menjamurnya gaya berbelanja secara daring turut meningkatkan transaksi secara cashless. Seperti yang telah kita ketahui, masyarakat kini lebih suka berbelanja secara daring daripada harus pergi ke toko. Belanja daring dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Gaya hidup semacam itu tentu saja menstimulasi masyarakat untuk meningkatkan belanja secara cashless. “Kesibukanku membuat aku lebih sering berbelanja secara daring. Pembayarannya juga mudah, bisa lewat m-banking,” tukas aktris cantik Chelsea Islan. (avia)

#Uang Tunai
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan