Saat Solo Traveling, Perhatikan Hal Berikut

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 03 Juli 2019
Saat Solo Traveling, Perhatikan Hal Berikut
Bikin solo traveling aman dan lancar. (foto: pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

BUTUH waktu sendiri? Solo traveling jawabannya. Meski terkesan menakutkan karena berarti kamu akan berada di suatu tempat yang kamu tidak ketahui sendirian, solo traveling ternyata memiliki banyak manfaat dan keunikannya sendiri

Nah, buat kamu yang ingin mencoba solo traveling, perhatikan deh hal-hal berikut agar liburan kamu aman dan asyik.

1. Cari informasi detail tentang destinasi liburanmu

liburan
Cari dan catat detail info destinasi. (foto: pixabay/rawpixel)

Hal ini sangat penting kamu lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama liburan. Cari tahu informasi soal tempat menginap dari internet atau teman yang tahu soal destinasi tujuan liburanmu.

Pesan juga tempat menginap jauh-jauh hari dan simpan alamat hotelmu agar kamu tidak tersesat. Cari tahu juga soal budaya dan kondisi tempat kamu berlibur supaya enggak terlihat seperti orang aneh. Bila perlu, buat daftar atau jadwal hal yang akan kamu lakukan selama liburanmu agar tidak mati gaya.


2. Simpan soft copy dokumen pribadi dan kontak orang terdekat untuk situasi darurat

computer
Simpan soft copy dokumen di e-mail. (foto: pexels/pixabay)


Punya salinan soft copy semua dokumen diri amat penting. Hal itu untuk bersiap jika terjadi situasi darurat, seperti kehilangan dompet atau ponsel. Kamu dapat menyimpan hal-hal tersebut di e-mail yang bisa kamu akses dari perangkat lain.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan ialah membawa satu tas kecil atau amplop untuk menyimpan fotokopi dokumen-dokumen penting dan kertas yang berisikan kontak orang-orang terdekatmu.

Baca juga: Solo Traveling, Mengapa Tidak


3. Tetap terhubung dengan keluarga atau orang terdekat selama liburan

people
Tetap hubungi orang terdekat. (foto: pexels/rawpixel)

Meskipun kamu bepergian sendiri, bukan berarti kamu harus melupakan keluarga ataupun orang-orang terdekatmu. Selain untuk menjaga hubunganmu sambil membagikan pengalamanmu dengan mereka, hal itu penting kamu lakukan agar orang-orang tersebut merasa aman dan agar mereka siap di saat kamu membutuhkan mereka.

4. Jaga sikap percaya diri dan jangan lengah selama berlibur

man
Selalu tampil percaya diri. (foto: pexels/fabioretratos)

Sikap percaya diri penting kamu jaga selama berlibur. Jika tidak percaya dengan dirimu sendiri, kamu akan terlihat lemah dan justru akan mengundang perhatian orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk. Jangan pernah lengah khususnya di tempat yang ramai dan penuh dengan orang, semisal di tempat-tempat turis ataupun kendaraan umum.

5. Yang terpenting dari semua, jangan lupa untuk bersenang-senang

happy
Ingatlah untuk selalu bersenang-senang. (foto: pexels/rawpixel)

Tujuan yang zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzpaling penting dari liburanmu tentunya melepas penat dan bersenang-senang. Jangan karena kamu pergi sendirian dan terlalu berhati-hati kamu jadi lupa bersenang-senang dan menikmati liburanmu. Gunakan waktu liburanmu sebaik-baiknya dan carilah pengalaman sebanyak mungkin supaya seusai kamu liburan, kamu siap kembali beraktivitas seperti biasanya.(asep)

#Juli Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan