Saat Pandemi, Wisatawan Keluarga Dominasi Kunjungan Ke Yogyakarta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 01 Oktober 2020
Saat Pandemi, Wisatawan Keluarga Dominasi Kunjungan Ke Yogyakarta
Wisata di Yogyakarta. (Foto: Teresa Ika/ Yogyakarta).

MerahPutih.com - Pembatasan sosial tidak berdampak negatif pada pariwisata di Yogyakarta. Sebaliknya kunjungan wisata ke kota budaya ini meningkat dan menggeliat terutama wisatawan keluarga.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta rata-rata 5 ribu sampai 6 ribu orang per hari yang terekam melalui aplikasi Visiting Jogja periode Agustus-September 2020.

Saat weekend tiba jumlah kunjungan melonjak tajam menjadi 30 ribu hingga 40 ribu orang. Wisatawan lokal yakni warga Yogyakarta dan sekitar masih mendominasi kunjungan. Disusul dengan wisatawan asal Jawa Tangeh (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), dan terakhir DKI Jakarta.

Baca Juga:

Begini Persyaratan Pasien OTG Dapat Ruang Isolasi Terkendali

"Trennya sekarang tiap minggu destinasi wistaa Yogyakarta selalu diserbu warga untuk wisata. Jumlahnya selalu naik tiap minggu,"kata Singgih.

Wisata alam atau outdoor masih menjadi primadona para pelancong menikmati akhir pekan. Misalnya pantai, kawasan perbukitan, danau, Goa, pegunungan dan sawah.

Dengan meningkatnya wisata, Singgih meminta seluruh pengelola destinasi wisata di DIY kembali memperketat penerapan protokol kesehatan. Hal ini mengingat jumlah kasus positif COVID-19 di DIY,juga mengalami peningkatan selama beberapa hari terakhir.

Hingga saat ini, menurut dia, DIY masih memberlakukan uji coba operasional destinasi wisata secara terbatas yakni dengan membatasi jumlah wisatawan 50 persen dari kapasitas maksimal destinasi dan wisatawan dari zona merah diwajibkan menyertakan hasil rapid test nonreaktif.

Tempat Wisata Yogya
Taman Bunga Kaliurang. (foto: MP/Teresa Ika)

Saat ini, Pemda DIY belum menerima rombongan wisatawan dengan jumlah besar. Kunjungan wisata rata-rata hanya keluarga yang berjumlah di bawah 10 orang.

Data Badan Pusat Statistik pada Bulan Agustus 2020, Yogyakarta tidak kedatangan kunjungan wisatawan mancanegara melalui pintu masuk Bandara Internasional Yogyakarta. Jumlah kedatangan penumpang melalui Bandara Adisutjipto dan Bandara Internasional Yogyakarta pada Bulan Agustus 2020 tercatat 68.014 orang, sedangkan jumlah keberangkatan penumpang pada Bulan Agustus 2020 sebanyak 59.963 penumpang.

Sedangkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di Daerah Istimewa Yogyakarta Bulan Agustus 2020 sebesar 39,86 persen, mengalami kenaikan sebesar 12,03 poin dibandingkan TPK bulan sebelumnya yang tercatat 27,83 persen dan rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang pada Bulan Agustus 2020 mencapai angka 1,43 hari. (Teresa Ika/Yogyakarta).

Baca Juga:

Sudah 3 Bulan Indonesia Alami Deflasi

#Wisata Yogyakarta #Yogyakarta #Wisata #Pariwisata Indonesia
Bagikan
Bagikan