Saat Lelah Melanda, Berbaringlah! Berbaring sejenak membantu melepas rasa lelahmu. (foto: Sherbornes Solicitors)

KETIKA kesibukan melanda sejak pagi, ada saatnya kamu akan merasa amat kelelahan di tengah hari. Rasanya tak ada lagi energi untuk melanjutkan hingga akhir hari.

Namun, kalaupun kamu berhasil menuntaskan hari, kamu sudah kehabisan energi total. Kelelahan. Tahukah kamu, saat hal itu terjadi, berbaring jadi soslusi tepat.

1. Berbaring selama 10 hingga 20 menit

berbaring
10-20 menit akan mengurangi lelahmu.(Photo:The Sleep Advisor)


Berbaring selama 10 hingga 20 menit mengurangi rasa lelah dalam tubuh walau sebentar. Hal itu juga dapat membuatmu lebih fresh, memperkuat kewaspadaan dirimu pada sekitar, dan memperkuat energi dalam tubuh. Cobalah untuk berbaring di kantor ketika ada waktu luang.


2. Berbaring selama 30 menit

berbaring
Durasi ideal berbaring ialah 30 menit. (foto: speeli)

Pernah enggak sih kamu merasa lelah selepas kamu berbaring? Itu karena kamu berbaring selama lebih dari 30 menit. Kamu tidak boleh berbaring dan tidur selama 30 menit. Hal itu akan membuatmu merasa grogi dan akan merasa lelah dan risih. Berbaring selama 30 menit cukup bagi kamu untuk melepaskan lelahmu ketika kamu kurang tidur pada malam hari.


3. Berbaring selama 1 jam

berbaring
Berbaring selama sejam bisa mempertajam ingatan. (foto: huffpost Australia)

Berbaring selama 1 jam sangat cukup. Selain membuatmu lebih fresh daripada tidur pada malam hari, berbaring selama 1 jam ternyata juga bisa memperkuat ingatanmu, seperti mengenal nama, kata-kata, bahkan suatu tempat. Jika kamu punya waktu senggang atau sedang tidak ada aktivitas, cobalah untuk tidur selama 1 jam.

4. Berbaring selama 1,5 jam

berbaring
Durasi 1,5 jam cocok untuk kamu yang ingin berkreasi. (foto: the conversation)

Berbaring selama 1,5 jam akan menambah energimu dan memperkuat kreativitasmu. Kegiatann ini juga menambah kreativitasmu dan menstabilkan emosimu. Jadi tidur selama 1,5 jam cocok untuk kamu yang ingin berkreasi seperti membuat lagu atau mencari ide.


5. Jangan berbaring jika kamu insomnia

berbaring
Kalau insomnia, jangan coba-coba berbaring. (foto: valley sleep center)

Kamu mengerti bahwa insomnia membuatmu lelah dan kehilangan energi. Kamu juga bisa merasa lelah. Namun, dengan kamu berbaring di saat insomnia, kamu akan tertidur pulas, lalu akan terbangun dan berakibat fatal, seperti mengalami sleep disorder.


6. Jangan coba-coba berbaring setelah pukul 16.00

berbaring
Jangan berbaring setelah pukul 16.00. (foto: renegade recruiter)

Selain membuatmu insomnia, berbaring setelah pukul 16.00 juga membuat kamu tidak bisa tidur secara teratur. Jadi waktu ideal kamu untuk tidur pada malam hari ialah ketika kamu merasa lelah karena aktivitas harianmu.(ald)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH