Saat Keberagaman Menjadi Senjata Prancis Rengkuh Trofi Piala Dunia 2018 Selebrasi timnas Prancis usai menjadi juara Piala Dunia 2018. Foto: Official FIFA

MerahPutih.com - Prancis sukses merengkuh trofi Piala Dunia 2018 berkat kemenangan atas Kroasia dengan skor 4-2 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) malam WIB.

Ternyata ada hal menarik di balik kesuksesan Les Blues di Piala Dunia 2018. Skuat Prancis dihuni 80 persen imigran yang berasal dari benua Afrika.

Dari 23 nama pemain, 15 pemain memiliki darah Afrika seperti Paul Pogba, Nabil Fekir, Samuel Umtiti, Kylian Mbappe, Blaise Matuidi, N'Golo KantePresnel Kimpembe, Steve Mandanda, Djibril Sidibe, dan Ousmane Dembele.

Selain dari Afrika, ada juga pemain yang berdarah Eropa namun bukan asli Prancis, melainkan Portugal, yakni Antoine Griezmann.

Keberagaman yang ada di skuat Prancis tidak menjadi masalah bagi para pemain. Adil Rami yang akan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018 ini mengatakan bahwa skuat multikultural menjadi senjata bagi Prancis rengkuh trofi Piala Dunia tahun ini.

"Saya orang Prancis yang berasal dari Maroko dan saya bangga dengan hal itu. Bangga menunjukkan bahwa saya bukan orang sembarangan, saya bangga sukses membawa negara saya berbahagia. Saya mencintai Prancis dan negara ini layak untuk juara Piala Dunia 2018," kata Adil dilansir ESPN.

"Suasana di sini (Rusia) sangat luar biasa. Saya belum pernah melihat tim Prancis seperti sekarang dengan keberagaman semacam ini. Prancis juara dunia. Kami beragam, kami membutuhkannya, dan semua merayakannya. Ini luar biasa!" tambah Rami.

Sama halnya dengan Adil, Matuidi dan Griezmann juga mensyukuri keberagaman yang ada di tim Prancis. Banyak etnis di skuat ayam jantan membuat tim berwarna dan mampu mempersembahkan trofi kedua sepanjang sejarah.

"Keberagaman dari skuat kami adalah indahnya sebuah negara bernama Prancis," kata Matuidi.

"Inilah Prancis yang kami cintai. Mungkin ada pemain yang berasal dari daerah berbeda, tapi kami memiliki tujuan yang sama. Memakai jersey sama dan kami siap memberikan yang terbaik untuk negara," kata Griezmann.

Skuat Prancis di Piala Dunia 2018 sama seperti pada Piala Dunia 1998. Kala itu, Les Blues juga diperkuat sejumlah pemain imigran dan sukses menjadi juara. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH