Rutin Konsumsi Multivitamin Dapat Lindungi Daya Ingat

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 30 Mei 2023
Rutin Konsumsi Multivitamin Dapat Lindungi Daya Ingat
Multivitamin bantu tingkatkan daya ingat secara aktif. (Foto: Unsplash/Michal Parzuchowski)

SEBUAH penelitian baru dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan, komsumsi suplemen multivitamin atau multi-mineral setiap hari mampu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa yang lebih tua selama periode tiga tahun.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.500 orang dewasa di atas usia 60 tahun, para peneliti secara acak menugaskan peserta untuk mengonsumsi suplemen multivitamin setiap hari selama tiga tahun.

Pada awal studi dan pada akhir setiap tahun, para peserta melakukan tes kognitif daring di rumah untuk menilai memori jangka pendek mereka.

Di akhir tahun pertama, kedua kelompok mengalami peningkatan dalam ingatan, tetapi kelompok yang mengonsumsi multivitamin setiap hari mengalami peningkatan yang lebih besar.

Baca juga:

Otak Distimulasi dengan Arus Listrik, Perbaiki Daya Ingat?

Survei dilakukan pada 3.500 orang. (Foto: Unsplash/Eunice Lituañas)

Para peneliti memperkirakan bahwa perubahan pada kelompok multivitamin yang dipertahankan selama tiga tahun penelitian, setara dengan sekitar tiga tahun penurunan memori terkait usia. Namun, peningkatan itu sederhana dan data tidak memperhitungkan jangka panjang.

Orang yang mengonsumsi multivitamin setiap hari, juga ditemukan mengalami peningkatan dalam fungsi kognisi, memori, dan eksekutif mereka secara keseluruhan.

Studi baru ini adalah bagian dari uji klinis besar yang disebut COcoa Supplement and Multivitamin Outcomes Study (COSMOS). Hasilnya dipublikasikan 24 Mei di American Journal of Clinical Nutrition.

Salah satu batasan penelitian ini adalah bahwa mayoritas peserta berkulit putih dan berpendidikan lebih tinggi. Jadi hasilnya mungkin tidak berlaku untuk kelompok lain.

Baca juga:

Manfaat Storytelling untuk Kesehatan Mental, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Pola hidup sehat juga bantu pelihara daya ingat. (Foto: Unsplash/i yunmai)

Beberapa cara lain yang dapat membantu memelihara daya ingat adalah dengan mengurangi asupan gula. Kandungan gula selain dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, juga dapat menurunkan daya ingat hingga mengurangi volume otak.

Konsumsi minyak ikan juga dapat membantu, karena kandungan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan daya ingat otak. Kandungan DHA, EPA, asam eicosapentaeonic dan asam docosahexaenoic dalam minyak ikan juga berfungsi untuk kesehatan dan fungsi otak.

Membentuk pola hidup yang sehat juga dapat membantu memelihara kesehatan otak dan daya ingat. Coba untuk menjaga berat badan ideal, memerhatikan kualitas tidur, memilih makanan yang mengandung antioksidan, dan lakukan meditasi. (waf)

Baca juga:

Cara Alami Tingkatkan Daya Ingat

#Kesehatan #Manfaat Vitamin
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan