Rutan Surakarta Gagalkan Penyelundupan Narkoba dengan Dilemparkan dari Luar Tembok Petugas keamanan rumah tahanan (Rutan) Klas 1A Surakarta mengadakan razia di kamar napi, Kamis (27/8) malam. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Petugas keamanan Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1A Surakarta, Jawa Tengah berhasil mengagalkan upaya penyelundupkan narkoba dua paket sabu-sabu dengan cara dilemparkan dari luar tembok rutan, Kamis (27/8) malam. Paket narkotika ini dilempar melalui tembok sisi belakang rutan.

Kepala Rutan Surakarta Urip Dharma Yoga mengatakan, sabu ini ditemukan didepan halamam kamar 1 Blok C. Bungkusan ini ditemukan oleh sipir yang kebetulan sedang melalukan patroli kamar tahanan pada Kamis malam.

Baca Juga:

Napi Penyulap RS Salemba Jadi Pabrik Narkoba Dibuang ke Nusakambangan

"Upaya penyelundupan dua paket sabu-sabu dan alat isap di Rutan Solo terjadi sekitar pukul 20.00 WIB," ujar Urip, Jumat (28/8).

Peristiwa teesebut, kata Urip, bernula saat petugas melakukan patroli mendengar ada suara benda jatuh. Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada plastik berisi gumpalan nasi dan dua paket sabu-sabu.

"Kami bawa barang bukti ke posko keamanan induk untuk dilakukan pemeriksaan. Ternyata nasi bungkus yang dilemparkan di dalamnya ada dua paket sabu dan alat isap," katanya.

Kepala Rutan Surakarta Urip Dharma Yoga menemukan dua paket sabu yang diselundupkan dengan cara dilempar dari luar tembok, Kamis (27/8). (MP/Ismail)
Kepala Rutan Surakarta Urip Dharma Yoga menemukan dua paket sabu yang diselundupkan dengan cara dilempar dari luar tembok, Kamis (27/8). (MP/Ismail)

Ia menduga pelaku penyelundupan dilakukan oleh bekas napi rutan. Hal itu didasari dari lokasi sasaran lemparan tepat jatuh di depan kamar tahanan. Selain itu, pelaku penyelundupan tahu jam petugas berganti berjaga dan longgar.

"Ada empat CCTV yang mengarah ke lokasi pelemparan benda diduga sabu tersebut. Salah satu CCTV merekam pelaku pelemparan, namun karena gelap gambar hasil rekaman pecah," kata dia.

Baca Juga:

Personel Band J-Rocks Ditangkap karena Narkoba

Urip menambahkan, kasus beserta barang bukti diserahkan pada Satrnarkoba Polresta Surakarta. Ia pun langsung melakukan razia dadakan di dua kamar terdekat dari titik jatuhnya benda mencurigakan tersebut.

"Hasilnya beberapa benda terlarang berhasil kami temukan di dua kamar tahanan di antaranya, kabel, handphone, kartu domino, serta sajam (senjata tajam) rakitan," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Rumah Sakit di Salemba Disulap Jadi Pabrik Narkoba


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH