Rusuh Depan Bawaslu, Massa Serang Polisi dan Wartawan Kerusuhan massa depan Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.Com - Kerusuhan massa aksi yang berunjuk rasa depan Gedung Bawaslu masih berlangsung. Massa aksi melempari polisi dan anggota Brimob yang berjaga dengan botol air minum, batu dan petasan.

Massa aksi semakin beringas dengan melemparkan kembang api ke arah polisi dan wartawan. Seruan petugas kepolisian yang dipimpin langsung Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan kepada massa untuk membubarkan diri sama sekali tak dihiraukan.

Akibat kerusuhan tersebut, seorang anggota Brimob terkena lemparan dan terkapar di aspal jalan depan Bawaslu. Bukan hanya itu, akibat serangan massa yang kian brutal sejumlah anggota polisi menjadi korban.

Massa peserta aksi menyerang polisi dan wartawan
Massa rusuh dengan melemparkan kembang api ke arah polisi dan wartawan (MP/Rizki Fitrianto)

Berdasarkan pantauan merahputih.com di lokasi Rabu (22/5) hingga pukul 21.00 WIB, sudah tujuh buah mobil ambulans yang mengangkut korban dari pihak kepolisian ke markas Polda Metro Jaya.

Polisi kemudian melakukan negosiasi dengan perwakilan koordinator aksi Yusuf Arupalakka. Kepada petugas kepolisian Yusuf mengungkapkan pihaknya bersedia membubarkan diri dengan damai dan meminta petugas polisi untuk tidak betindak keras kepada massa peserta aksi.

Ratusan massa berusaha membongkar barikade yang dipasang polisi depan Bawaslu
Massa dengan brutal membongkar barikade yang dipasang polisi depan Bawaslu, Jakarta Pusat (MP/Rizki Fitrianto)

Yusuf menegaskan jika ada massa yang berbuat rusuh, itu bukan peserta aksi unjuk rasa depan Bawaslu yang menuntut pengusutan kecurangan Pemilu 2019.

Sampai saat ini, kerusuhan masih berlansung. Massa terus menyerang petugas kepolisan dengan lemparan benda keras dan petasan. Pihak kepolisian juga terus diingatkan untuk tidak terprovokasi oleh tindakan massa yang menyalakan kembang api tersebut, dan hanya memanfaatkan tameng yang ada untuk melindungi diri.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH