Rusia Peringatkan AS

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 16 Desember 2022
Rusia Peringatkan AS
rudal Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3). ANTARA/REUTERS

MerahPutih.com - Risiko keterlibatan langsung tentara AS dalam perang Rusia dan Ukraina, dinilai ditunjukan dengan rencana mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina.

"Banyak pakar, termasuk mereka yang berada di luar negeri, meragukan kebijaksanaan langkah seperti itu, yang akan mengarah pada eskalasi konflik," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam konferensi pers, Kamis (15/12).

Baca Juga:

Pengadilan Belanda Sebut Malaysia Airlines MH17 Ditembak Rudal Buatan Rusia

Zakharova mengatakan, AS menekan negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk memberikan dukungan militer yang lebih signifikan ke Ukraina.

Rusia, kata ia, memandang semua senjata yang dipasok ke Ukraina sebagai target militer yang sah yang akan dihancurkan atau direbut.

Dikutip Antara, AS dilaporkan, sedang menyelesaikan rencana untuk mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina, berdasarkan permintaan pejabat Kiev.

Beberapa media Amerika melaporkan bahwa rencana AS untuk menyediakan setidaknya satu baterai pertahanan rudal Patriot ke Ukraina, dapat diumumkan secepatnya minggu ini.

Namun, rencana itu masih memerlukan persetujuan dari Presiden AS Joe Biden dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin. Tetapi, Pemerintahan Biden telah menolak untuk mengonfirmasi isu pengiriman rudal Patriot.

Baca Juga:

Rudal Rusia Hantam Polandia, AS dan Pemimpin Uni Eropa Lakukan Pertemuan Darurat di Bali

#Perang #Rusia #Ukraina
Bagikan
Bagikan