Rusia Pastikan Abu Bakr al Baghdadi Tewas Abu Bakr al Baghdadi jadi orang paling berpengaruh ke-57 di dunia versi Forbes. (Forbes)

Pemerintah Rusia pastikan pentolan ISIS, Abu Bakr al Baghdadi tewas dalam serangan udara yang dilakukan oleh pasukan udara militer Rusia pada tanggal 28 Mei lalu.

Dalam surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa selain membunuh al Baghdadi, serangan udara tersebut juga berhasil menewaskan sekitar 330 militan ISIS.

Selain itu, pada keterangan yang sama juga menjelaskan bahwa setidaknya ada 30 komandan ISIS dan 300 tentara yang juga tewas, yang berada dalam pertemuan Raqqa, Suriah.

Keberadaan al Baghdadi tidak diketahui selama beberapa waktu, meskipun dia diyakini berada di Mosul di Irak sebelum sebuah koalisi pimpinan AS memulai upaya untuk merebut kembali kota tersebut pada bulan Oktober 2016.

Sejak saat itu, kelompok tersebut telah kehilangan wilayah yang cukup banyak dan mendapat tekanan dari serangan udara oleh pasukan pimpinan Rusia dan AS dan sekutunya.

Pada bulan Maret, Sekretaris Negara AS, Rex Tillerson mengatakan bahwa hampir semua wakil al Baghdadi telah terbunuh.

"Ini hanya masalah waktu sebelum al Baghdadi sendiri memenuhi takdir yang sama," tambahnya seperti dimuat BBC.

Baca berita terkait dugaan tewasnya Abu Bakr al Baghdadi lainnya di: Rusia Klaim Berhasil Bunuh Pemimpin ISIS


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH