Rusia Kirim Artis dan Sutradara untuk Syuting di Angkasa Luar Rusia mengirimkan sutradara dan aktrisnya untuk syuting di angkasa luar. (Foto: Twitter/@euronewsnext)

SAMPAI beberapa dekade lalu, rasa-rasanya belum ada orang biasa yang berani bermimpi pergi ke angkasa luar, lebih-lebih berwisata keluar planet bumi.

Namun, siapa sangka kalau sekarang hal tersebut tak lagi hanya jadi sekadar mimpi di siang bolong. Bahkan enggak hanya sebagai destinasi wisata, sekarang manusia sudah menjadikan angkasa luar sebagai tempat syuting.

Baca juga:

Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar

Berdasarkasan ulasan yang dibagikan Euronews Next, Rusia sudah mengirim kru ke stasiun angkasa luar untuk syuting selama 12 hari. Menjadi produksi film pertama yang dilakukan sepenuhnya di angkasa luar.

Film tersebut disutradarai oleh Klim Shipenko dan merupakan produksi bersama dengan Badan Antariksa Federal Rusia, Roscosmos serta TV Channel One Rusia. Nantinya, proyek tersebut akan berjudul The Challenge dan dibintangi oleh aktris Yulia Peresild.

Baik Shipenko dan Persild terbang menggunakan pesawat Soyuz MS-19 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 09:55 BST. Kemudian mereka tiba di stasiun sekitar tiga setengah jam kemudian.

Mengutip laman NME, keduanya sudah menjalankan pelatihan selama tiga bulan untuk mempersiapkan perjalanan ini. Termasuk mempelajari dasar-dasar bertahan hidup di angkasa luar, menyelesaikan uji gravitasi nol, sentrifus dan getaran, serta berlatihan untuk keadaan darurat dalam penerbangan.

"Ini tidak akan berada pada level yang sama seperti di Bumi, tetapi kami akan melakukan yang terbaik. Kami siap untuk itu," kata Peresild pada konferensi pra-penerbangan. Ketika ditanya apakah dirinya merasa takut, artis tersebut mengaku tidak punya waktu untuk merasakannya. "Agak terlambat untuk takut karena kita sudah sejau ini, ada Baikonur di depan dan banyak hal (yang harus dilakukan) dan sejujurnya tidak ada waktu tersisa untuk takut," tambahnya.

Baca juga:

SpaceX Kirim Semut ke Luar Angkasa

Rusia Kirim Artis dan Sutradara untuk Syuting di Angkasa Luar
Yulia Peresild jadi artis pertama yang syuting di angkasa luar. (Foto: Twitter/@euronewsnext)

Belum ada detail lebih lanjut mengenai proyek tersebut, namun kemungkinan besar ceritanya akan mengikuti Peresild sebagai ahli bedah. Ia dikirimkan ke angkasa luar untuk menyelamatkan seorang anggota kru yang membutuhkan operasi darurat.

Syuting di angkasa luar ini telah menjadi yang pertama di orbit. Membuktikan kesungguhan Rusia untuk mengklaim kemenangan lain atas AS yang berorientasi pada ruang angkasa.

Pada tahun 1961, Rusia yang saat itu masih dikenal sebagai Uni Soviet menjadi negara pertama dalam sejarah yang berhasil melakukan penerbangan manusia ke angasa luar. Uni Soviet juga jadi yang pertama mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan dan Mars.

Selain mendahului AS, artinya artis Rusia juga sudah mengalahkan Tom Cruise. Sebelumnya pada 2020, aktor Mission Impossible itu sudah menyatakan keinginannya untuk rekaman di luar Bumi.

Bahkan ia dilaporkan tengah melakukan diskusi dengan SpaceX milik Elon Musk dan NASA. Sayang, mereka kurang cepat dan akhirnya ditikung tajam oleh negara tetangga. (sam)

Baca juga:

SpaceX Kirim Empat Warga Sipil Pertamanya ke Angkasa Luar

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
MicroSD Canggih, Bisa Rekam Video 16 Tahun Nonstop
Fun
MicroSD Canggih, Bisa Rekam Video 16 Tahun Nonstop

MicroSD canggih itu kabarnya dioptimalkan untuk video dalam full HD dan 4K.

Idola Senior K-Pop Senior Akui Terlilit Utang
ShowBiz
Idola Senior K-Pop Senior Akui Terlilit Utang

Ia debut bersama boy grup ikonik SS501 pada 2005.

Bocoran Foto 'Bridgerton 2' Tampilkan Kostum dan Latar Menawan
Fun
Perpaduan Cita Rasa Jawa Barat dan Yogyakarta dalam Celetot
Kuliner
Perpaduan Cita Rasa Jawa Barat dan Yogyakarta dalam Celetot

Mengenalkan kembali potensi olahan makanan fermentasi.

Jajal Aspal Jakarta, Joan Mir: Ini Kesempatan Langka
Fun
Jajal Aspal Jakarta, Joan Mir: Ini Kesempatan Langka

Joan Mir menggunakan Suzuki GIXXER SF250 dalam parade MotoGP di Jakarta.

Konser 'Attack On Titan'  Digelar Agustus
ShowBiz
Konser 'Attack On Titan' Digelar Agustus

Penggemar juga dapat membeli tiket untuk streaming.

Merawat Kulit dengan Emas, Manfaat atau Mubazir?
Hiburan & Gaya Hidup
Merawat Kulit dengan Emas, Manfaat atau Mubazir?

Berabad-abad lalu, emas digunakan untuk mengatasi radang sendi dan masalah kesehatan lainnya.

Bentuk Nyata Perilaku Gaslighting di Kantor
Fun
Bentuk Nyata Perilaku Gaslighting di Kantor

Gaslighting juga kerap terjadi di lingkungan kantor.

Never Too Lavish Hadirkan Koleksi Bertemakan Hutan
Fashion
Never Too Lavish Hadirkan Koleksi Bertemakan Hutan

Koleksi terbaru Never Too Lavish ini menebar pesan untuk menjaga keindahan hutan Indonesia.

Lagu Remah-Remah Roti ala Black Country, New Road
ShowBiz