Rusia Kirim Artis dan Sutradara untuk Syuting di Angkasa Luar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 06 Oktober 2021
Rusia Kirim Artis dan Sutradara untuk Syuting di Angkasa Luar
Rusia mengirimkan sutradara dan aktrisnya untuk syuting di angkasa luar. (Foto: Twitter/@euronewsnext)

SAMPAI beberapa dekade lalu, rasa-rasanya belum ada orang biasa yang berani bermimpi pergi ke angkasa luar, lebih-lebih berwisata keluar planet bumi.

Namun, siapa sangka kalau sekarang hal tersebut tak lagi hanya jadi sekadar mimpi di siang bolong. Bahkan enggak hanya sebagai destinasi wisata, sekarang manusia sudah menjadikan angkasa luar sebagai tempat syuting.

Baca juga:

Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar

Berdasarkasan ulasan yang dibagikan Euronews Next, Rusia sudah mengirim kru ke stasiun angkasa luar untuk syuting selama 12 hari. Menjadi produksi film pertama yang dilakukan sepenuhnya di angkasa luar.

Film tersebut disutradarai oleh Klim Shipenko dan merupakan produksi bersama dengan Badan Antariksa Federal Rusia, Roscosmos serta TV Channel One Rusia. Nantinya, proyek tersebut akan berjudul The Challenge dan dibintangi oleh aktris Yulia Peresild.

Baik Shipenko dan Persild terbang menggunakan pesawat Soyuz MS-19 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 09:55 BST. Kemudian mereka tiba di stasiun sekitar tiga setengah jam kemudian.

Mengutip laman NME, keduanya sudah menjalankan pelatihan selama tiga bulan untuk mempersiapkan perjalanan ini. Termasuk mempelajari dasar-dasar bertahan hidup di angkasa luar, menyelesaikan uji gravitasi nol, sentrifus dan getaran, serta berlatihan untuk keadaan darurat dalam penerbangan.

"Ini tidak akan berada pada level yang sama seperti di Bumi, tetapi kami akan melakukan yang terbaik. Kami siap untuk itu," kata Peresild pada konferensi pra-penerbangan. Ketika ditanya apakah dirinya merasa takut, artis tersebut mengaku tidak punya waktu untuk merasakannya. "Agak terlambat untuk takut karena kita sudah sejau ini, ada Baikonur di depan dan banyak hal (yang harus dilakukan) dan sejujurnya tidak ada waktu tersisa untuk takut," tambahnya.

Baca juga:

SpaceX Kirim Semut ke Luar Angkasa

Rusia Kirim Artis dan Sutradara untuk Syuting di Angkasa Luar
Yulia Peresild jadi artis pertama yang syuting di angkasa luar. (Foto: Twitter/@euronewsnext)

Belum ada detail lebih lanjut mengenai proyek tersebut, namun kemungkinan besar ceritanya akan mengikuti Peresild sebagai ahli bedah. Ia dikirimkan ke angkasa luar untuk menyelamatkan seorang anggota kru yang membutuhkan operasi darurat.

Syuting di angkasa luar ini telah menjadi yang pertama di orbit. Membuktikan kesungguhan Rusia untuk mengklaim kemenangan lain atas AS yang berorientasi pada ruang angkasa.

Pada tahun 1961, Rusia yang saat itu masih dikenal sebagai Uni Soviet menjadi negara pertama dalam sejarah yang berhasil melakukan penerbangan manusia ke angasa luar. Uni Soviet juga jadi yang pertama mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan dan Mars.

Selain mendahului AS, artinya artis Rusia juga sudah mengalahkan Tom Cruise. Sebelumnya pada 2020, aktor Mission Impossible itu sudah menyatakan keinginannya untuk rekaman di luar Bumi.

Bahkan ia dilaporkan tengah melakukan diskusi dengan SpaceX milik Elon Musk dan NASA. Sayang, mereka kurang cepat dan akhirnya ditikung tajam oleh negara tetangga. (sam)

Baca juga:

SpaceX Kirim Empat Warga Sipil Pertamanya ke Angkasa Luar

#Sains #Luar Angkasa #Rusia
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan