Rusia Dihukum: Timnas Gagal ke Piala Dunia 2022, Klub Dicoret dari Europa League

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 01 Maret 2022
Rusia Dihukum: Timnas Gagal ke Piala Dunia 2022, Klub Dicoret dari Europa League
Timnas Rusia. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - FIFA dan UEFA memberikan sanksi tegas kepada Rusia imbas invasi ke Ukraina. Negeri Beruang Merah itu ditendang dari Piala Dunia 2022 dan klub-klub Rusia juga dicoret dari Europa League.

Rusia mendapatkan kecaman dari dunia internasional setelah membombardir Ukraina. Sejak Kamis (24/2), negara seluas 17.125.200 km² itu mengajak perang 'saudara mudanya' itu

Baca Juga

Rusia-Ukraina Memanas, DICE Tunda Event Skin Helikopter di Battlefield 2042

Warga dunia melakukan protes dan meminta Rusia diboikot dari semua lini. FIFA pun merespons dengan melarang timnas dan klub-klub Rusia bertanding di negaranya.

Beberapa negara seperti Swedia, Republik Ceko, dan Polandia bahkan sudah menolak untuk menghadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022. Kebetulan keempat negara itu berada di pot yang sama saat pengundian

Melihat kondisi yang semakin mengkhawatirkan, FIFA pada Senin (1/3) membuat keputusan tegas dengan mencoret Rusia dari pentas internasional untuk sementara waktu.

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau klub akan ditangguhkan partisipasinya dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," demikian pernyataan UEFA.

Baca Juga

Bendera Rusia dan Belarus Dilarang Dikibarkan Dalam Event Olahraga Internasional

Rusia dijadwalkan menjamu Polandia dalam playoff kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret. Namun, dengan keputusan ini maka Rusia dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Ternyata bukan FIFA saja yang menghukum Rusia. UEFA juga memberikan sanksi berat. Mereka melarang tim-tim Rusia untuk tampil sementara di kompetisi Eropa.

Alhasil, satu-satunya wakil Rusia tersisa di Eropa, yakni Spartak Moskow, dicoret dari babak 16 besar Liga Europa dan lawannya RB Leipzig melenggang ke perempatfinal. (*)

Baca Juga

Aktris Rusia Lia Akhedzhakova Donasi Ratusan Juta Rupiah untuk Tentara Ukraina

#Breaking #FIFA #UEFA #Liga Europa #Rusia #Timnas Rusia #Ukraina #Konflik Ukraina
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan