Rupiah Makin Melemah, Pagi Ini Tembus Rp 15.130 Per USD

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 27 September 2022
Rupiah Makin Melemah, Pagi Ini Tembus Rp 15.130 Per USD
Ilustrasi rupiah. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi semakin melemah.

Rupiah melemah 18 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp 15.148 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.130 per USD.

Baca Juga:

Awal Pekan Ini, Rupiah Tebus 15.089 Per USD

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ini tertekan. Kondisi ini didominasi faktor eksternal.

"Terpengaruh oleh sentimen global, di mana indeks USD (DXY) naik menembus level 113, tertinggi selama 20 tahun terakhir," kata Ekonom Senior Mirae Asset Sekuritas Rully Arya.

Sentimen kebijakan moneter The Federal Reserve AS masih membayangi pasar. The Fed kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin pada September ini, melanjutkan langkah serupa dari Juni dan Juli lalu.

The Fed juga mengindikasikan masih akan ada kenaikan suku bunga hingga akhir 2022 sebagai upaya bank sentral untuk menekan inflasi yang tinggi di Negeri Paman Sam.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell berjanji bahwa ia dan sesama pembuat kebijakan akan terus berjuang untuk mengalahkan inflasi.

Target suku bunga kebijakan The Fed sekarang berada di level tertinggi sejak 2008 ke kisaran 4,25-4,5 persen pada akhir tahun ini dan berakhir pada 2023 di 4,5-4,75 persen.

"Pelemahan rupiah memang lebih banyak didominasi faktor eksternal, karena secara fundamental kondisi ekonomi, termasuk keseimbangan eksternal Indonesia masih sangat baik," ujar Rully. (*)

Baca Juga:

Dolar Digdaya, Rupiah Keok

#Breaking #Rupiah #Kurs Rupiah #Inflasi
Bagikan
Bagikan