Properti
Rumah Terapung Ini Jadi Sorotan di Internet, Desainnya Kece Abis Miliki desain yang unik, rumah terapung ini jadi sorotan di internet (Foto: odditycentral)

SEORANG entrepreneur asal Tiongkok menghabiskan waktu satu tahun dan biaya US$61 ribu atau sekitar Rp867 juta. Waktu dan uangnya itu ia gunakan untuk membangun rumah terapung seluas 600 meter persegi di pantai Provinsi Fujian.

Entrepreneur muda yang dijuluki 'Coastline', tumbuh besar di dekat laut. Dia menghabiskan sebagian waktunya untuk memancing dan menikmati sunset yang indah di Dongshan, pulau besar di Laut Cina Selatan.

Baca Juga:

Rumah Lipat Mungil Siap Huni dalam 3 Jam

Suatu malam di 2018, saat minum-minum dengan teman baiknya, arsitek Dong Xinmeng, dia mulai berbicara tentang betapa menyenangkannya memiliki rumah terapung. Dengan begitu, dia bisa memancing dan minum bir sepanjang hari. Satu minuman menuntun ke minuman lainnya, dan di penghujung malam, mereka memutuskan untuk mewujudkan mimpinya.

Rumah tersebut berawal dari Mimpi seorang pengusaha yang dijuluki Coastline dan rekannya seorang arsitek bernama Dong Xinmeng (Foto: odditycentral)

Dongshan memiliki sejarah panjang penangkapan ikan dan akuakultur di laut. Jadi Coastline dan teman arsiteknya mengambil inspirasi dari rakit besar mereka untuk membangun pangkalan apung dari mansion tersebut. Struktur kokohnya dibangun menggunakan baja.

Coastline dan tim pekerjanya menghabiskan waktu sekitar satu tahun mencoba menyelesaikan masalah listrik. Mereka awalnya menghubungkan tempat itu ke instalasi tenaga air terdekat. Tetapi perahu nelayan yang lewat secara rutin mencabut kabelnya.

Seiring waktu, Coastline bernegosiasi dengan para nelayan untuk memperhatikan kabelnya. Meskipun kabelnya membentang sejauh 3 km sampai ke dermaga di pantai, kabel tersebut belum dicabut selama setahun sampai sekarang.

Rumah Terapung bernama Haixi ini memiliki sejumlah spot yang sangat cozy (Foto: odditycentral)

Rumah terapung yang menakjubkan di garis pantai ditopang oleh 16 jangkar logam, masing-masing beratnya sekitar satu ton. Jika pemilik ingin memindahkannya, yang harus mereka lakukan adalah menaikkan jangkar ini dan memiliki perahu motor untuk menarik rumah ke lokasi barunya.

Dengan luas 600 meter persegi, rumah terapung yang menakjubkan ini memiliki banyak ruang dalam dan luar ruangan. Setelah selesai dibangun, pada 2019, Coastline mulai menggunakannya sebagai tempat liburan agar ia bisa memancing sepanjang hari dan sekedar merenungkan kehidupan dan rencana masa depannya.

Baca Juga:

Mengenal Rumah Paling Menyendiri di Dunia

Rumah apung bernama Haixi ini menawarkan pemandangan laut 360 derajat, dan terletak di teluk yang tenang, sekitar 500 meter dari pantai Dongshan.

Bagi Coastline dan Dong Xinmeng harga rumah sekitar US$61 ribu dianggap murah. Harga per meter perseginya di bawah 7 ribu yuan.

Sementara harga di kota-kota yang ramai seperti Xiamen bisa mencapai 80 ribu yuan per meter persegi di beberapa tempat.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Yit, Coastline mengatakan bahwa setiap kali dia datang ke sini, dia hanya terputus dari stres dan gejolak kehidupan sehari-harinya.

Tampilan interior kamar di rumah terapung Haixi. (Foto: odditycentral)

Dia menetapkan batas untuk memeriksa ponsel pintarnya hanya tiga kali sehari, tidak berbicara dengan siapa pun, dan menghabiskan waktunya melakukan apa yang paling dia sukai, memancing dan memasak apa pun yang dia tangkap.

Ketika pandemi dimulai di Tiongkok, Coastline membawa istri dan putranya yang berusia dua tahun ke rumah. Mereka mengisolasi diri dari dunia luar selama 21 hari. Dia dan putranya memancing dan berkeliling dengan perahu sepanjang hari, dan di malam hari mereka menonton film bersama.

Coastline dan Dong Xinmeng berangkat untuk membuat rumah laut terapung untuk diri mereka sendiri. Tetapi ketika mereka mulai membagikan fotonya di media sosial, teman-temannya mulai tertarik untuk datang.

Coastline terlalu malu untuk mengatakan tidak. Tetapi tanpa diduga temannya membawa sejumlah rekan, dan kabar tentang rumah apung yang indah di lepas pantai Dongshan mulai menyebar.

Suasana ruang bersantai di rumah terapung Haixi. (Foto: odditycentral)

Pada September tahun ini, Coastline membuka rumah apung miliknya sebagai hotel terapung pertama di Tiongkok. Dia tidak bermitra dengan layanan pemesanan mana pun. Alasannya karena dia hanya ingin menyewakan tempat itu kepada orang-orang yang mendengarnya dari kenalannya sendiri.

Rumah terapung menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Karena membangun di atas air jauh lebih murah dibanding membangun di darat.

Meski Coastline dan rekannya merancang rumah terapung untuk menahan angin kencang, dia mengaku bahwa selalu ada risiko angin topan menghancurkannya. (ryn)

Baca Juga:

Rumah Jamur Ini Jadi Sorotan di Internet, Intip Keunikannya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR
KPR
BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR

Untuk fasilitas PUMP, peserta bisa mengajukan kredit hingga Rp150 juta yang dapat dipergunakan untuk uang muka.

Pengalihan Program Subsidi Rumah LFPP Jangan Bikin Bingung Pengembang
KPR
Pengalihan Program Subsidi Rumah LFPP Jangan Bikin Bingung Pengembang

Program FLPP yang merupakan KPR bersubsidi itu masih sangat diminati masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah, bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Hunian Makin Estetik dengan Lantai Vinyl
Home Lifestyle
Hunian Makin Estetik dengan Lantai Vinyl

Vinyl memiliki harga kompetitif dan mudah dipasang.

Bank Penyalur Harus Pastikan Rumah Subsidi Berkualitas
KPR
Bank Penyalur Harus Pastikan Rumah Subsidi Berkualitas

PPDPP sebagai lembaga yang mengelola dan menyalurkan dana FLPP terus menggenjot bank pelaksana untuk mulai menyalurkan dana tersebut di tahun 2021.

Dalam 4 Bulan, BTN Salurkan 31 Ribu Unit KPR
KPR
Dalam 4 Bulan, BTN Salurkan 31 Ribu Unit KPR

Sejak pandemi dimulai pada awal 2020 hingga pertengahan April 2021,KPR Subsidi baik skema konvensional maupun syariah tersalurkan lebih dari 153 ribu unit rumah.

BP Tapera Mulai Salurkan Rumah Bagi ASN
KPR
BP Tapera Mulai Salurkan Rumah Bagi ASN

Pada tahun ini target dari BP Tapera bisa menyalurkan manfaat pembiayaan rumah sekitar 51.000 unit, sehingga total pembiayaan yang bisa disalurkan BTN dalam KPR Tapera sekitar Rp7 triliun.

100 Rumah Dibangun di Perbatasan Indonesia - Timor Leste
KPR
100 Rumah Dibangun di Perbatasan Indonesia - Timor Leste

pemerintah daerah dapat memiliki perencanaan dan pendataan terhadap rumah-rumah masyarakat yang tidak layak huni untuk diajukanmelalui Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU)

Pemerintah Tambah 8 Bank Daerah Salurkan Kredit Rumah FLPP
KPR
Pemerintah Tambah 8 Bank Daerah Salurkan Kredit Rumah FLPP

Sebelumnya, pada tanggal 18 Desember 2020 lalu PPDPP telah melaksanakan PKS dengan 30 Bank Pelaksana sebagai mitra kerja penyalur FLPP tahun 2021.

DP Rumah dan Mobil Bisa Nol Persen, BI Yakin Kredit Konsumsi Naik
KPR
DP Rumah dan Mobil Bisa Nol Persen, BI Yakin Kredit Konsumsi Naik

Kebijakan pelonggaran uang muka KPR dan kredit kendaraan bermotor bukan sebuah keharusan, melainkan bank sentral memberikan ruang relaksasi.

BTN Mudahkan Pegawai Outsourcing Miliki Rumah
KPR
BTN Mudahkan Pegawai Outsourcing Miliki Rumah

Sekitar satu juta pekerja kontrak dapat memiliki rumah dengan skema kredit yang murah dan mudah.