Rumah Teletubbies, Rumah Anti Gempa yang Kini Jadi Objek Wisata Foto: Istimewa

Tentunya Anda masih ingat dengan Kampung Pelangi yang ada di Semarang. Sebulan yang lalu, sebuah kampung yang awalnya adalah wilayah kumuh mendadak terkenal di dunia karena diliput media asing. Kampung yang berwarna-warni itu memang cukup diminati anak muda karena sangat instagrammable.

Namun, bukan hanya Semarang yang memiliki kampung unik. Di Yogyakarta, tepatnya di Dusun New Ngelepen Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, terdapat sebuah perkampungan yang bernama Rumah Teletubbies.

Nama Rumah Teletubbies diambil lantaran 80 rumah yang berada di wilayah tersebut mirip dengan rumah karakter boneka Teletubbies.

Sebenarnya, rumah-rumah tersebut dibangun bukan untuk tempat wisata. Saat gempa melanda Jogja pada tahun 2006 lalu, rumah-rumah itu didesain untuk tahan api dan gempa.

Foto: Istimewa

Meski terlihat kecil, rumah ini ternyata memiliki dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruang. Selain itu, Rumah Dome, sebutan lain dari Rumah Teletubbies, akan terasa hangat saat hujan turun. Sebaliknya, saat panas menyengat, rumah itu akan terasa dingin.

Rumah ini memang cocok bagi Anda yang senang berfoto di spot-spot menarik. Apalagi Rumah Teletubbies kini berubah wujud menjadi berwarna warni setelah sebelumnya hanya berwarna putih polos.

Selain Rumah Teletubbies, di tempat tersebut Anda juga bisa melihat poliklinik, aula pertemuan, dan mushola. Terdapat pula badut Teletubbies di akhir pekan.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Rekam Jejak Jin Bun, Raja Islam Berdarah Tionghoa


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH