Rumah Tangga Bisa Jadi Klaster Baru COVID-19?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 26 Juli 2020
Rumah Tangga Bisa Jadi Klaster Baru COVID-19?
Ilustrasi (foto: pixabay)

Merahputih.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan rumah tangga bisa menjadi kluster baru penularan COVID-19 sehingga warga Kota Bogor diingatkan untuk berhati-hati dan jujur kepada petugas medis terutama jika memiliki riwayat perjalanan ke daerah lain.

"Kasus satu keluarga di Kota Bogor terkonfirmasi positif COVID-19 harus menjadi pembelajaran bagi warga Kota Bogor," jelas Sri Nowo Retno dikutip Antara, Minggu (26/7).

Baca Juga

Pasien Sembuh Tembus 10 Ribu, Zona Merah COVID-19 di Jatim Tinggal 3 Kota

Seluruh warga Kota Bogor agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan benar serta jujur kepada petugas medis jika mengalami sakit.

"Karena satu orang dalam keluarga yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah lain, dan ketika sakit dapat berpotensi menularkan COVID-19 di keluarganya. Penularan COVID-19 dalam keluarga bisa memunculkan kluster baru," katanya.

Setiap orang di Kota Bogor harus jujur dengan petugas medis jika memiliki kontak erat dengan pasien kasus positif COViD-19.

Petugas medis mengambil sample warga yang akan mengikuti tes cepat (Rapid Test) COVID-19 di Halaman Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Terhadap satu keluarga warga Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, yang terkonfirmasi positif COVID-19, Dinas Kesehatan Kota Bogor telah melakukan penelusuran, baik di rumah, tetangga sekitar rumah, serta di fasilitas kesehatan yang pernah kontak.

"Di lokasi itu juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan," ungkap dia.

Menurut Retno, Dinas Kesehatan juga melakukan test usap (swab) terhadap 95 orang dari hasil penelusuran. Dari jumlah tersebut, 39 orang sudah diperoleh hasil tesnya serta 56 orang lainnya masih ditunggu hasilnya.

"Dari 39 orang tersebut, delapan orang di antaranya terkonfirmasi positif, yakni lima orang anggota keluarga, serta tiga orang lainnya yang memiliki kontak erat," beber dia.

BACA JUGA:

Beda dan Berani, Fesyen ala Generasi Z

Retno menegaskan orang yang terkonfirmasi positif semuanya sudah diisolasi di rumah sakit. "Ini adalah upaya kita untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, Retno juga mengingatkan warga Kota Bogor yang memiliki riwayat perjalanan keluarga kota, agar melakukan isolasi mandiri. "Kalau berobat, harus menceritakan dengan jujur riwayat perjalanan keluar kota atau ada riwayat kontak dengan orang sakit yang diduga COVID-19. (*)

#Keluarga #COVID-19 #Kasus Covid #Kalung Covid #Test Covid 19 #Anggaran COVID #Vaksin Covid-19 #Satgas COVID-19
Bagikan
Bagikan