Kesehatan
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Buka Layanan bagi Pasien Gangguan Seksual RSCM sediakan layanan kesehatan seksual. (foto: ilustrasi pixabay/stocksnap)

SEKSUALITAS memainkan peranan penting bagi kehidupan seseorang. Fungsi seksual erat kaitanya dengan menjaga keintiman dengan pasangan serta melahirkan generasi selanjutnya. “Dari aspek psikologis, bagaimana psikodinamika fungsi seksual terkait dengan aspek kognitif, emosi, motivasi, dan perilaku terhadap seksual itu sendiri," jelas psikiater FKUI-RSCM Prof Dr dr Tjhin Wiguna Sp KJ (k) dalam virtual press conference, Selasa (27/10).

Padahal, seperti diungkapkan Kepala Instalasi Pelayanan Terpadu RSCM Kencana dr Riyadh Firdaus, SpAn-KNA, penelitian mencatat sekitar 15%-20% pasangan di dunia memiliki gangguan infertilitas dengan proporsi gangguan laki-laki dan perempuan yang kurang lebih sama. Angka gangguan seksual pada pria mencapai 31% dan 43% pada perempuan. Ia mengatakan ada dua hal yang menyebabkan gangguan seksual pada laki-laki dan perempuan.

BACA JUGA:

Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali

"Pertama, masih banyak masyarakat yang belum sadar dan memeriksakan pasangannya di awal gangguan, demikian juga dengan masalah seksual. Kedua, pengobatan secara baik dan profesional terhadap kasus-kasus tersebut masih kurang,” terangnya.

Untuk menangani persoalan tersebut, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo membuka layanan Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic. Layanan tersebut menjadi salah satu layanan unggulan baru yang sangat dibutuhkan bagi pasien dengan masalah seksual dan reproduksi pria dan pasangan. Langkah pembukaan layanan baru menjadi terobosan terbaru dari RSCM untuk menciptakan layanan yang melibatkan berbagai bidang spesialistik kedokteran sekaligus menjadi klinik pertama di Indonesia yang menyediakan layanan kesehatan pria dan pasangan dengan pendekatan multidisiplin berbasis one-stop service.

RSCM
RSCM sediakan layanan bagi pasangan dengan gangguan kesehatan seksual. (foto: istimewa)

Dokter Riyadh menjelaskan bahwa Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic memiliki anggota tim yang terdiri dari 7 departemen medik berbeda yakni Urologi, Bedah Plastik, Obstetri-Ginekologi, Psikiatri, Rehabilitasi Medik, Ilmu Penyakit Dalam, dan Neurologi. "Hal ini membuat perawatan pasien bersifat holistik dan komprehensif. Sarana prasarana yang digunakan di klinik ini pun merupakan yang paling mutakhir di Indonesia,” tuturnya.

“Dengan dibukanya layanan Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic diharapkan masyarakat dengan gangguan kesehatan pria dan pasangan, khususnya dibidang reproduksi dan seksual tidak lagi bingung dan mencari pengobatan di luar keilmuan kedokteran yang tidak terbukti dan dapat berobat ke layanan ini dengan nyaman dan tenang,” lanjut dokter Riyadh.

“Dengan visi infinite experience for all, Departemen Urologi RSCM bertekad untuk memberikan pelayanan urologi yang manusiawi, terintegrasi, berbasis bukti dan inovatif, salah satunya dengan pelayanan di Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic,” terang dr. Ponco Birowo, SpU (K), Ph.D, Dokter Subspesialisasi Andrologi dan Urologi FKUI-RSCM dan Tim Men’s Health and Couple Well-being Clinic RSCM Kencana.

couple
Banyak pasangan yang belum menyadari pentingnya kesehatan seksual. (foto: pexels/pixabay)

Selain tenaga medis yang mumpuni, dokter Ponco menjelaskan bahwa untuk menunjang pelayanan Departemen Urologi juga sudah mempersiapkan berbagai alat, baik untuk diagnosis maupun terapi dengan teknologi terbaru untuk menunjang berbagai tindakan yang telah tersedia antara lain; USG doppler, ESWT, Rigiscan, vacuum erectile device, prostesis/implan penis, operasi pengambilan sperma (PESA/MESA/TESE), mikroligasi varikokel dan injeksi intrakavernosa. "Alat dan fasilitas yang dimiliki oleh Departemen Urologi terbilang salah satu yang paling lengkap di Indonesia. Ditunjang dengan keterlibatan berbagai dokter spesialis multidisiplin yang ahli di bidangnya, diharapkan pasien akan mendapat pengalaman terbaik selama ditangani di Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic,” papar dokter Ponco.

Diresmikan di tengah pandemi COVID-19, Men’s Health and Couple’s Well-being Clinic di RSCM Kencana didukung dengan program “Kencana Hijau” untuk menjamin area pelayanan bebas dari COVID-19 dengan pemeriksaan rutin dan pengendalian protokol dengan ketat. Pengunjung dengan masalah seksual dan reproduksi pria dan pasangan yang berkonsultasi di RSCM Kencana wajib mengikuti protokol COVID-19 (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).(Avia)

BACA JUGA:

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kemasan Paket yang Baik, Jamin Amannya Barang Kamu
Fun
Kemasan Paket yang Baik, Jamin Amannya Barang Kamu

Bukan hanya melulu tentang jasa pengirimannya saja, namun kemasan harus diperhatikan bila mengirimkan barang.

Meski Kondisi Sulit, Riri Mestika Tetap Dukung Barista Asuh untuk Bangkitkan Semangat Para Barista
Kuliner
Meski Kondisi Sulit, Riri Mestika Tetap Dukung Barista Asuh untuk Bangkitkan Semangat Para Barista

Riri sangat antusias untuk terlibat dalam program Barista Asuh.

India Terapkan Protokol Baru untuk Pariwisata
Fun
India Terapkan Protokol Baru untuk Pariwisata

India membuka kembali perbatasan negaranya bersama dengan tempat-tempat ibadah dan bisnis termasuk restoran dan mal.

Kreatif, 5 Zodiak Ini Sering Mendatangkan Ide-Ide Brilian
Fun
Kreatif, 5 Zodiak Ini Sering Mendatangkan Ide-Ide Brilian

Memang tidak semua mampu berpikir kreatif atau out of the box. berbeda dengan orang dengan zodiak ini.

Begini Tipe-Tipe Warganet +62 di Twitter saat Banjir Melanda Ibu Kota
Fun
Begini Tipe-Tipe Warganet +62 di Twitter saat Banjir Melanda Ibu Kota

Dari yang marah-marah, senang, hingga memberi tips anti-banjir.

Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi
Fun
Masih Bermanfaat, Jangan Langsung Buang Ampas Kopi

Bukan untuk dikonsumsi, melainkan berbagai manfaat lain yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya.

 TikTok Hengkang dari Hong Kong
Fun
TikTok Hengkang dari Hong Kong

Undang-undang baru Hong Kong jadi penyebabnya.

Meghan Markle dan Natalie Portman Jadi Pengisi Suara Dua Film Dokumenter Disney+
ShowBiz
Meghan Markle dan Natalie Portman Jadi Pengisi Suara Dua Film Dokumenter Disney+

Ya, keduanya tidak beradu akting namun menjadi pengisi suara. Penasaran?

Tingkatkan Penglihatan saat Usia di Atas 50, ini Tipsnya
Hiburan & Gaya Hidup
Tingkatkan Penglihatan saat Usia di Atas 50, ini Tipsnya

Gaya hidup yang sehat adalah yang terpenting