Rumah Pohon Pulau Leebong Incaran Turis di Belitung Pulau Leebong. (Foto: Instagram/yopiefranz)

MerahPutih Wisata - Siapa yang tak pernah dengar keindahan Pulau Belitung. Pulau ini menyimpan sejuta keistimewaan alam terutama baharinya. Bagi Anda yang suka jalan-jalan ke pantai, Pulau Belitung cocok jadi pilihan.

Pulau Belitung sering banyak dibicarakan terutama setelah film "Laskar Pelangi," sebuah film adaptasi dari novel dari Andrea Hirata dengan judul yang sama. Novel dan film itu kemudian mengangkat nama Belitung terutama segala hal berhubungan pariwisatanya.

Mengeksporasi keindahan Belitung tak lengkap bila Anda tak bersinggah di Pulau Leebong. Pulau ini disebut-sebut sebagai surga kecil di pesisir Pulau Belitung. Pulau ini tak besar hanya kurang lebih 37 hektare. Ia dikelilingi oleh pasir putih sangat indah.


Pulau Leebong. (Foto: Instagram/dyahibrani)

Pulau Leebong menawarkan keindahan pulau dalam kondisi alami. Salah satu daya tarik di Pulau Leebong yaitu rumah pohon. Rumah pohon Pulau Leebong memiliki nama lain yaitu Villa Pohon Zarra. Nama ini konon diambil dari putri Cak Imin atau Muhaimin Iskandar yang pernah berlibur ke pulau berjarak 3 kilometer dari pesisir Pulau Belitung ini.

Rumah pohon ini sebagai tempat penginapan para turis yang dibangun persis di atas hamparan pasir putih. Rumah pohon ini menyatu dengan alam Pulau Leebong yang masih alami. Rumah pohon dibangun dengan material keseluruhan dari kayu. Kayu-kayu ini didatangkan dari luar pulau. Sementara pohon-pohon asli Pulau Leebong tetap terjaga keasriannya.

Menginap di rumah pohon di Pulau Leebong merupakan sensasi berlibur yang menyatu dengan alam. Rumah pohon ini menjadi ikon Pulau Leebong yang banyak diburu. Tak salah ketenarannya banyak didengar turis dari berbagai daerah. Terutama di media sosial, jepretan para turis banyak menggugah wisatawan untuk datang.


 Pulau Leebong. (Foto: Instagram/ @yopiefranz via travelerien)

Rumah pohon Pulau Leebong dibangun dengan arsitektur perpaduan modern dan tradisional. Jadi, jangan berpikir bahwa fasilitasnya minim. Rumah pohon ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya kamar mandi modern di lantai dua, tanpa harus mengurangi ketradisionalan bangunan. Satu hal lagi yang membuat betah para turis di rumah pohon yaitu dapat menikmati suasana alam terbuka dengan kaca terbuka lebar.

Beberapa fasilitas lain yaitu bangku-bangku kayu dan tangga-tangga ke rumah pohon yang lebih kecil. Rumah pohon lebih kecil ini biasanya dijadikan tempat istirahat para turis ketika siang hari, dan tentu saja lokasi favorit untuk berfoto ria.


Pulau Leebong. (Foto: Instagram/travelerien)

Meski pulau kecil, rekreasi di Pulau Leebong menyajikan seribu macam pilihan berlibur. Pulau yang masih banyak dihuni hewan seperti berbagai jenis burung ini menyediakan berbagai jenis liburan seperti snorkeling, surfing, mengayuh papan paddle, berkayak, dan lain-lain. Pada pagi hari, Anda bisa bersepeda di pantai yang tentu saja menambah pengalaman berlibur Anda.

Bagaimana, Anda ingin menghabiskan waktu berlibur dengan nuansa pulau asri? Sebaiknya Anda mempersiapkan diri untuk menikmati sejuta keindahan di Pulau Leebong.

BACA JUGA:

  1. Bersantai di Pulau Macan Hanya 2 Jam dari Jakarta
  2. Misteri Batu Moro Seneng di Pulau Merah
  3. Saat Oza Kioza Terpukau Pesona Pulau Merah Banyuwangi
  4. Tingkatkan Kualitas Pelatih Daerah, PBSI Sambangi Kepulauan Riau
  5. Gempa Bumi Megathrust Guncang Kepulauan Mentawai


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH