Rumah Cermin, Karya Unik Terbaru Karya Seniman Amerika Rumah cermin yang memantulkan pandangan di sekitarnya (Foto: mymodernmet)

SENIMAN Amerika bernama Doug Aitken telah memasang rumah bergaya peternakan dengan cermin di pegunungan Gstaad, Swiss. Struktur rumah ini akan menetap di lokasi tersebut selama dua tahun (hingga 2021) dan digunakan untuk mencerminkan dan berinteraksi dengan kondisi di lingkungan sekitar selama musim yang berubah-ubah.

Pengunjung dapat dengan bebas menjelajahi rumah dengan struktur cermin yang memiliki pintu terbuka ini. Interior juga dicerminkan untuk menciptakan efek bias kaleidoskopik saat memasuki rumah. Pengunjung juga bebas berkali-kali datang untuk menikmati musim yang berubah-ubah. Saat musim badai atau musim panas, lingkungan sekitar dipenuhi padang rumput yang hijau dan indah.

Baca juga:

Edukatif, Yuk Melancong ke Museum Unik di Negeri Sakura

Rumah Cermin, Karya Unik Terbaru Karya Seniman Amerika
Rumah cermin karya Doug Aitken di gurun luar Palm Springs (Foto: dezeen)

Dilansir dari laman Deezen, struktur ini dimodelkan pada rumah-rumah peternakan California yang dikembangkan pada 1920-an dan 1930-an. Aitken menggabungkan gagasan arsitek modernis, Frank Lloyd Wright, dengan rumah-rumah peternakan tradisional Amerika Barat.

Aitken sebelumnya telah membangun rumah yang serupa di gurun bagian luar Palm Springs pada 2017 dan di dalam bekas bank negara daerah Detroit pada 2018. Dia membuat sedikit penyesuaian optik pada sudut-sudut struktur setiap kali telah didirikan.

Baca juga:

Koleksi Gedung Modern yang Patut Kamu Kunjungi di Dubai

Rumah Cermin, Karya Unik Terbaru Karya Seniman Amerika
Rumah cermin karya Doug Aitken di dalam bekas bank daerah Detroit 2018 (Foto: dezeen)

Menurut Aitken gaya 'utterly generic' akrab dengan rumah pinggiran kota arketipal abad ke-20 di AS. Untuk instalasi ini ia memutuskan untuk memasang gaya yang sama seperti rumah di pegunungan Alpen. Namun, di sini bentuknya juga merefleksikan bangunan Alpine yang terletak rendah, dibangun untuk menahan salju yang tebal.

Rumah Cermin, Karya Unik Terbaru Karya Seniman Amerika
Tampak dalam rumah cermin terbaru karya Doug Aitken pada 2019 (Foto: dezeen)

Instalasi ini juga merupakan bagian dari Frequencies, serangkaian pertunjukan seni yang dikuratori oleh Neville Wakefield dan Olympia Scarry yang berlangsung dari 1 hingga 3 Februari tahun lalu di Gstaad. (Arb)

Baca juga:

Bangunan Bersejarah di Hanoi, Vietnam yang Memukau


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH