Rumah Bupati Dibakar Massa Gara-gara Hadiah Jalan Santai Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rahmad)

MerahPutih.com - Rumah pribadi Bupati Pegunungan Bintang Constan Oktemba dibakar massa, Kamis (12/4). Peristiwa tersebut dipicu karena massa kecewa tidak mendapat hadiah setelah mengikuti jalan santai dalam rangka HUT Pegunungan Bintang ke-15 di Oksibil.

"Memang betul massa membakar rumah pribadi Bupati Pegunungan Bintang di Oksibil akibat kecewa setelah mengikuti jalan santai," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes (Pol) Ahmad Kamal di Jayapura, dilansir Antara.

Dikatakan, sebelum membakar rumah milik bupati massa terlebih dahulu membakar panggung dan berbagai fasilitas di sekitarnya sesaat setibanya di garis akhir dan ternyata tidak mendapat hadiah.

"Panitia tidak memberikan hadiah atau door prize kepada peserta jalan santai sehingga masyarakat yang juga ikut serta marah dan membakar panggung kemudian rumah bupati," kata Kamal.

Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang di rumah dinasnya. (pegbintangkab.go.id)
Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang. (pegbintangkab.go.id)

Ketika ditanya korban jiwa, Kabid Humas Polda Papua mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut namun kerugian materi cukup besar.

Belum bisa dipastikan besarnya kerugian dan situasi kamtibmas tetap kondusif, walaupun sempat terjadi penjarahan terhadap toko bahan pokok subsidi pemda.

"Massa kecewa dan mencari Bupati Pegunungan Bintang yang tidak hadir saat kegiatan itu, hingga ke rumah namun tidak ditemukan, hingga marah dan membakar rumah pribadi Bupati Oktemka," kata Kamal seraya menambahkan, hingga kini belum ada yang diamankan.

Anggota Polres Pegunungan Bintang hanya mengumpulkan keterangan dari para saksi, kata Kamal. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH