Rumah Aman saat Mudik dengan Tiga Perangkat Teknologi Ini Rumah aman saat mudik dengan perangkat elektronik (Foto: Pexels/Alturas Homes)

MENINGGALKAN rumah saat mudik menimbulkan kekhawatiran bagi pemudik. Sebab rumah akan kosong dalam waktu lama. Tentu rumah yang kosong akan menjadi sasaran empuk para maling. Belum lagi keadaan sekitar rumah juga sepi. Sehingga jarang ada orang yang bisa memantau keadaan sekitar.

Namun, kamu enggak perlu khawatir rumah kamu terancam kehadiran maling. Dengan mengandalkan perangkat teknologi keamanan, rumah kamu bisa kamu pantau dari kejauhan. Sehingga rumah kamu akan aman walaupun enggak berpenghuni.

Apa saja perangkat teknologi itu?

1. Sensor Okupansi

Maling akan merasa ada orang di dalam rumah (Foto: Pexels/Burak K)

Dengan mendeteksi gerakan dalam ruangan, sensor okupansi dapat membuat lampu bekerja secara otomatis. Dengan sendirinya lampu dapat redup dan menyala melalui sensor gerakan. Dengan begitu, kamu bisa hemat biaya listrik selama berada di tanah kelahiran. Maling pun akan takut masuk ke rumahmu. Karena merasa rumahmu ada penghuninya.

2. Kamera CCTV

Rumah akan terpantau selama 24 jam (Foto: Pexels/Scott Webb)

Kamera Closed Circuit Television (CCTV) dapat memantau rumahmu selama 24 jam penuh. Kamu pun bisa memantau keadaan di rumah melalui aplikasi pada gawai kamu. Bahkan kamu bisa saja lho memasang kamera CCTV palsu untuk sekadar menakut-nakuti para maling. Mereka pasti segan deh membobol rumah kamu.

3. Lighting control

Televisi dan AC bisa menyala otomatis (Foto: Pexels/Jean van der Meulen)

Kemajuan teknologi memungkinkan kamu memantau lampu rumah dengan lighting control yang terintegrasi dengan Internet of Things (IoT). Sehingga kamu bisa mengontrol lampu dari jarak jauh. Bahkan teknologi ini juga bisa mengontrol AC dan TV di rumah kamu menyala otomatis.

Bagaimana sahabat Merah Putih, jangan takut rumah enggak aman saat mudik lagi ya! (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH