Rujak Degan Jepara Pelepas Dahaga Setelah Seharian Puasa Rujak degan. (Facebook/ santy.pramesty)

MAYORITAS masyarakat muslim Indonesia menunaikan ibadah puasa pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Selama sebulan lamanya umat muslim akan berpuasa mulai dari terbit fajar hingga waktu berbuka saat terbenam matahari.

Malam bulan Ramadan akan lebih ramai karena aktivitas ibadah bertambah. Selain itu, keramaian bulan suci juga karena beragam kuliner bermuculan. Biasanya makanan-minuman menjadi lebih banyak dijajakan sebagai menu buka puasa.

Salah satu menu buka puasa favorit yaitu minuman dingin. Minuman es biasanya jadi yang paling ditunggu saat berbuak puasa, selain sebagai pereda haus dan dahaga, minuman dingin juga jadi pemulih kesegaran setelah seharian tubuh tak menerima cairan.

Saat kamu buka puasa, rujak degan Jepara bisa jadi pilihan. Degan dalam bahasa Jawa berarti kelapa muda. Minuman ini berarti rujak kelapa muda. Rujak degan Jepara paling cocok dipadu dengan es, baik es batu maupun es serut.

Rujak degan Jepara merupakan makanan khas Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Rujak degan Jepara biasa disajikan sebagai menu buka puasa. Pada sore hari jelang berbuka. Rujak degan banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan sehingga bisa dengan mudah mencarinya.

Tak hanya enak, rujak degan Jepara juga sangat cocok sebagai konsumsi selepas puasa. Ion dari kelapa muda bisa dengan mudah menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Hal itu tentu menambah kembali stamina sebelum beraktivitas pada malam hari.

Rujak degan. (Facebook/ vannezzchapoenyha.abbiiee)
Rujak degan disajikan langsung dalam buah kelapa. (Facebook/ vannezzchapoenyha.abbiiee)

Tak hanya di Bumi Kartini, kini rujak degan Jepara banyak juga ditemukan di kota-kota lain terutama kota besar di Indonesia. Rujak degan Jepara berbahan antara lain nata de coco, kelapa muda, air mawar, air matang, cincau, garam, dan sirup.

Kalau kamu ke Kota Ukir, rujak degan Jepara cocok jadi menu berbuka. Dari tampilan luar, rujak dengan pasti mengguah selera berbuka kamu. Dan tentunya, rasa haus setelah seharian berpuasa akan tergantikan. Jika kamu ingin membuatnya di rumah, berikut merahputih.com sajikan bahan dan cara membuatnya:

Bahan

250 gram gula merah, sisir

250 ml air

1/4 sendok teh garam

3 buah kelapa degan, dikeruk lebar

1.000 ml air kelapa muda

200 gram cincau

300 gram nata de coco plus airnya

500 gram es batu

Rujak degan. (Facebook/ ikaputri.ikaputri.969)
Rujak degan dengan warna merah. (Facebook/ ikaputri.ikaputri.969)


Cara membuat rujak degan

1. Rebus air bersama gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih. Saring. Dinginkan

2. Tata kelapa dalam gelas. Masukkan larutan gula merah, 200 gram cincau, 300 gram nata de coco plus airnya, garam, air matang dan sirup, dan air kelapa muda

3. Aduk rata sambil menambahkan air gula hingga manisnnya pas

4. Tambahkan es batu. (zul)

Baca juga berita lainnya terkait kuliner bulan Ramadan dalam artikel: Es Dawet Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH