Ruhut: Nyanyikan Indonesia Raya Gunakan Masker Tidak Etis Ruhut Sitompul saat ditemui di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (30/10). (Foto: MerahPutih/Fachruddin Chalik)

Merahputih Politik - Saat membuka sidang paripurna pembahasan  rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN). Ketua DPR RI Setya Novanto menggunakan masker bersama dengan para ketua sidang lainnya, sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal tersebut terjadi sesaat sebelum sidang dimulai. Pada Jum'at (30/10).

Sikap yang dilakukan oleh Setya Novanto mendapat kecaman keras dari anggota Fraksi Demokrat, Ruhut Sitompul. Menurut Ruhut sikap Setya Novanto justru melecehkan masyarakat Riau dan sekitarnya yang terkena paparan kabut asap.

"Itu tidak etis melecehkan saudara-saudara kita yang kena kabut asap. Masa nyanyi Indonesia raya sambil pakai masker, ruangnya nggak tepat. Kecuali kalau beliau ada di lokasi asap, pakai masker itu kita maklum," ujar Ruhut.

Menurut Setya Novanto, tindakannya memakai masker sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah sebagai simbol keprihatinan atas bencana asap yang melanda Indonesia.

"Itu adalah bentuk keprihatinan kami atas bencana kabut asap yang terjadi di negeri ini," ucap Setya Novanto kepada merahputih.com seusai melaksanakan salat Istisqa bersama.

Untuk diketahui, DPR menggelar rapat paripurna untuk membahas pengesahan Rancangan Pendapatan dan Belanja Negara 2016 dan pembentukan Panitia Khusus Bencana Asap.

Para pimpinan DPR yang menggunakan masker dalam rapat paripurna, yakni Agus Hermanto, Fadli Zon, Taufik Kurniawan, dan Fahri Hamzah. (Aka)

Baca Juga:

  1. Pakai Masker Saat Rapat, Pimpinan DPR Dukung Korban Asap
  2. Ratusan Anggota DPR Salat Istisqa
  3. Pansus DPRD Jakarta Sambangi KPK
  4. Banggar DPR Akhirnya Setujui RAPBN 2016 Rp 2.095 Triliun
  5. DPR Dukung Pemerintah Cabut Izin Konsesi Lahan Terbakar


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH