Rugi Belasan Juta Rupiah, Petani Tebu Mengadu ke DPR RI

Ana AmaliaAna Amalia - Selasa, 13 Januari 2015
Rugi Belasan Juta Rupiah, Petani Tebu Mengadu ke DPR RI

MerahPutih Nasional - Anggota Komisi VI DPR RI, M. Sarmuji mengaku mendapatkan keluhan dari para petani tebu yang ada di dapilnya, seperti petani yang ada di kota Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Sebab, kata Sarmiji, penghasilan mereka dari hasil panen tebu cukup menurun drastis karena saat ini harga gula terlalu rendah.

"Itu sekarang para petani tebuh menjerit, mereka mengeluhkan harga gula yang terlalu rendah sehingga penghasilan mereka menurun. Perhektare mereka rugi sekitar 15 juta," kata Sarmuji di kompleks gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/1).

Menurut Sarmuji, kerugian para petani tebu itu disebabkan karena ada sistem pembagian hasil antara petani tebu dan pabrik gula. Dari sistem yang diterapkan itu, kata dia, petani tebu hanya mendapatkan hasil dari bagian tebu yang dihasilkannya sendiri. Jika harga gula terlalu rendah, tutur dia, hasil dari gula yang menjadi bagian petani tebu tersebut juga penjualannya menjadi rendah.  

BACA JUGA: Orangtua Ditemukan, Nasib Bayi di AirAsia QZ8501 Masih Belum Jelas

"Kemudian juga petani mengeluhkan tentang rendemen tebu yang penentuannya tidak transparan," pungkas politisi dari Fraksi Partai Golkar ini. 

Dikatakannya, rendemen petani tubu di negara ini tidak ada yang sampai mencapai 9 persen. Rendemen mereka mayoritas berada pada kisaran 8,6 persen, itu pun ada di pabrik-pabrik tertentu. Dengan begitu, kata dia, jika rendemen tebu tersebut rendah maka proporsi penghasilan gula juga menjadi rendah. 

"Kalau rendemennya 7 misalkan, itu berarti tebuh itu menghasilkan 7 kg perkwintalnya. Kalau rendemen ditetapkan oleh pabrik gula itu rendah dan randemen itu ditentukan sepihak oleh pabrik gula maka petani pasti akan menjerit. Jadi yang dikeluhkan pertama adalah rendah dan yang kedua tidak transparannya penentuan randemen," katanya. (HUR)

Follow Twitter kami di @MerahPutihcom

Like Fanpage Facebook kami di Merahputih.com

Ekor Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

#Komisi I DPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan