Rudy Hartono Ingin Tingkatkan Kesejahteraan Mantan Atlet Ketua Umum YOI Rudy Hartono (tengah) berfoto bersama sejumlah mantan Atlet setelah penyerahan sumbangan untuk kesejahteraan mantan Atlet. Kamis, (28/1) (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih Olahraga Lainnya - Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI) menggelar lari maraton 10 kilometer (10K) di Bandung tanggal 27 Maret mendatang. Sebagian hasil pendapatan dari kegiatan tersebut akan disumbangkan kepada para mantan atlet yang nasibnya kurang beruntung.

Ketua Umum YOI Rudi Hartono, mengatakan pihaknya prihatin melihat banyak mantan atlet yang nasibnya terkatung-katung di masa tua. Padahal saat menjadi atlet, mereka mampu mengangkat nama Indonesia di berbagai ajang internasional. Karena itu, YOI ingin berbagi dengan mantan atlet yang saat ini tak bisa mencari nafkah dengan layak.

"Kami bertekad untuk selalu memberi dukungan dalam bentuk apapun bagi kesejahteraan mantan atlet di Indonesia. Banyak sekali mantan atlet kita saat masa pensiun tidak mendapatkan penghargaan atau kehidupan yang nyaman," kata Rudi Hartono di Jakarta, Kamis (28/1).

Mantan pebulutangkis Indonesia ini menuturkan, gairah dan semangat berolahraga di Tanah Air juga harus digalakkan. Mengingat, para atlet Indonesia tengah bersiap mengikuti berbagai ajang internasional seperti Olimpiade 2016 di Brasil, SEA Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018.

Direktur Eksekutif YOI Bambang Asmarabudi menambahkan, lomba lari Great Run 10K akan dikelompokkan menjadi dua kategori, umum dan pelajar. Untuk umum, peserta dikenai biaya pendaftaran Rp200 ribu dan pelajar Rp100 ribu.

Dua kategori itu memperlombakan kelompok putra dan putri. Bambang menjelaskan registrasi nantinya menggunakan sistem online melalui website Bandunggreatrun.com.

"Kami berharap tidak hanya dari hasil biaya pendaftaran yang disumbangkan kepada para mantan atlet, tapi juga dari sponsor," terangnya.

Acara lari maraton yang bertajuk YOI Bandung Great Run 10K ini dimulai dari area Gedung Merdeka Asia Afrika dengan estimasi peserta sebanyak 10 ribu pelari.

"Kita pilih di sana karena situasi cuacanya cukup mendukung disana, tidak terlalu panas," ucap Bambang.

Bukan hanya itu, nantinya sebagian keuntungan pada acara yang juga dihadiri oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil tersebut akan didonasikan bagi para mantan atlet Indonesia yang pernah mengharumkan nama bangsa.

"Jadi untuk donasi setiap biaya registrasi akan disisihkan untuk sumbangan. Peserta akan mendapat kaos, akan mendapat mendali dan beberapa atribut lain. Setiap peserta akan menyumbang 10 ribu rupiah untuk donasi. Bukan hanya itu, ada juga dari spronsor," kata Bambang. (Yni/Esa)

BACA JUGA:

  1. Hadapi Ridwan Kamil, Rudy Hartono Yakin Menang
  2. Ridwan Kamil Tantang Rudy Hartono Bertanding Bulutangkis
  3. Semangat dan Disiplin Tinggi Alasan Rudy Hartono Juarai All England
  4. 17 Pebulutangkis Ikuti Bidding Sponsor
  5. Pebulutangkis Israel, Misha Zilberman Bisa Berlaga di Jakarta


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH