Rudy: Ditunda Atau Tidak, Solo Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengecek Stadion Manahan Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah memastikan Solo sudah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang sedianya diadakan pada Mei 2021.

Kesiapan tersebut dilakukan dengan memindahkan ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Selter Manahan di luar kompleks Stadion Manahan Solo dan merenovasi lima lapangan latihan pemain.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pihaknya siap menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Tahun 2021. Ia memastikan meskipun situasi COVID-19 Solo belum menunjukkan tanda-tanda mereda, pihaknya menjamin keseapan pelaksanaan Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Kompetisi Liga 2 Belum Jelas, Persis Solo Tetap Gelar Latihan

"Kami siap dalam kondisi apapun. Termasuk jika perhelatan tersebut harus ditunda akibat pandemi COVID-19 yang belum mereda," ujar Rudy, Minggu (18/10).

Rudy sapaan akrabnya mengatakan pada tahun depan banyak event sepakbola di Tanah Air diantaranya turnamen AFC. Ia mengaku belum mengetahui adanya wacana penundaan Piala Dunia U-20.

"Sampai saat ini kami belum ada pemberitahuan dari PSSI maupun Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) terkait nasib Piala Dunia U-20 tahun depan," tutur dia.

Ketua PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule resmi bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengecek Stadion Manahan Solo. (MP/Ismail)
Caption

Rudy juga tidak mengetahui apakah sudah ada pembicaraan antara PSSI, Kemenpora dengan FIFA terkait kelanjutan Piala Dunia U-20 di tengah situasi pandemi internasional belum mereda. Meskipun demikian, saat ini proses renovasi lapangan pendukung sudah dimulai.

"Perbaikan lima lapangan latihan sudah memasuki masa lelang. Soal anggaran dan teknis perbaikan langsung ditangami Kemen PUPR dan Kemenpora," katanya.

Ia menambahkan renovasi lima lapangan latihan Piiala Dunia U-20 akan dimulai pada awal November. Sejumlah pohon sudah dipindahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo.

"Ada lima lapangan yang kami siapkan untuk latihan tim-tim peserta Piala Dunia U-20. Kelima lapangan tersebut, yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat, Sriwaru, Sumber, dan Karangasem.

Baca Juga

Elkan Baggott Tambah Kekuatan Lini Belakang Timnas Indonesia U-19

Diketahui ada enam venue Pilala Dunia U-20 yang ditunjuk PSSI dan FIFA. Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). (Ismail/Jawa Tengah)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH