Ruangan Dingin tanpa Penyejuk Udara

P Suryo RP Suryo R - Senin, 25 Juli 2022
Ruangan Dingin tanpa Penyejuk Udara
Naungan tirai berinsulasi dapat mengurangi panas matahari yang tidak diinginkan hingga 60 persen. (freepik/tirachardz)

HAWA di musim panas terasa mustahil bisa dilalui tanpa penyejuk udara atau AC. Panas yang ekstrem dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius, seperti heat stroke dan kelelahan akibat panas. Itulah mengapa menjaga kesejukan rumah menjadi sangat penting.

Jika kamu perlu mendinginkan rumah (atau diri sendiri) tanpa kehadiran AC, cobalah strategi pendinginan yang disusun Real Simple berikut ini. Meskipun sebenarnya, jika suhu naik terlalu tinggi, yang terbaik adalah mencari lokasi ber-AC, seperti perpustakaan, bioskop, dan mal di sekitar rumahmu.

Baca Juga:

Jaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Panas

panas
Lebih dari tiga perempat sinar matahari yang mengenai jendela, masuk ke rumah sebagai panas. (Pexels/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells)

Cegah panas masuk rumah


Mencegah tentunya lebih baik dari mengobati. Kamu dapat mencegah panas masuk ke dalam rumah dengan menutup tirai atau gorden. Sinar matahari masuk rumah adalah sumber panas utama.

Menurut energy.gov, lebih dari tiga perempat sinar matahari yang mengenai jendela, masuk ke rumah sebagai panas. Menutup jendela dapat membantu menguranginya. Gorden berwarna dengan lapisan plastik mengurangi panas yang masuk hingga 33 persen, dan naungan tirai berinsulasi dapat mengurangi panas matahari yang tidak diinginkan hingga 60 persen.

Selain itu, hindari menyalakan kompor. Panasnya kompor jelas akan memanaskan rumah juga. Jadi, beli makanan jadi, atau buat makanan yang tidak memerlukan kompor seperti salad. Jika kamu harus memasak, pertimbangkan untuk menyalakan panggangan di luar untuk menjaga kesejukan di dalam rumah.

Selain kompor, mesin cuci mungkin menjadi penyebab panas terbesar, tetapi bahkan pengisi baterai telepon dan peralatan kecil dapat menghasilkan panas di rumah. Matikan, atau lebih baik lagi, cabut kabel peralatan apa pun yang tidak perlu.

Itu juga berarti membiarkan rambut kering sendiri. Hairdryer dapat menghasilkan panas yang serius, menurut National Resources Defense Council (NRDC), AS.

Untuk perlindungan di luar rumah, awning dan pohon peneduh dapat membantu menghalangi sinar matahari masuk ke jendela, dan membuat kamar terasa lebih sejuk. Awning jendela dapat mengurangi jumlah panas matahari di rumah Anda hingga 65 persen.

Selain itu, minimalkan jumlah ruang yang perlu dijaga kesejukannya dengan menutup semua ruangan yang tidak digunakan.

Baca Juga:

Tidur Nyenyak saat Udara Panas? Bisa Kok

kipas
Kipas angin dapat membantu ruangan terasa 10 derajat lebih dingin dan hanya menggunakan 10 persen energi yang digunakan AC. (Pexels/Alireza Kaviani)

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC


Bahkan dengan strategi pencegahan terbaik, rumah kemungkinan akan tetap menjadi panas ketika suhu naik dan matahari terbenam. Untungnya ada beberapa trik lagi yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan rumah tanpa AC.

Tutup jendela di siang hari, saat udara paling panas. Namun, ketika suhu di luar lebih rendah daripada udara di dalam, kamu dapat membuka jendela untuk menciptakan angin sejuk di dalam ruangan.

Kipas angin yang ditempatkan untuk meniupkan udara dingin ke dalam rumah akan membantu ruangan dingin lebih cepat, dan membuka jendela di sisi berlawanan dari rumah dapat menciptakan angin sepoi-sepoi yang membantu mendinginkannya lebih cepat juga.

Coba buka jendela yang lebih kecil untuk membiarkan udara masuk, dan jendela yang lebih besar untuk mengeluarkannya, yang dapat meningkatkan kecepatan udara, dan membuat rumah terasa lebih sejuk, menurut National Renewable Energy Laboratory, AS.

Kamu juga dapat mendinginkan udara dengan 'AC' buatan sendiri. Ada beberapa strategi yang bisa kamu coba: gantungkan seprai yang dingin dan basah di depan kipas angin; letakkan mangkuk besar atau baskom berisi es batu di depannya; atau pasang botol air beku pada bagian belakang kipas.

Angin sepoi-sepoi dan sesuatu yang dingin dapat membantu mendinginkan ruangan. Kipas angin di langit-langit sangat bagus dalam membantu mengurangi suhu. Alat ini dapat membantu ruangan terasa 10 derajat lebih dingin dan hanya menggunakan 10 persen energi yang digunakan AC biasa, menurut NRDC.

Pastikan kipas tersebut disetel dengan bilah yang berputar berlawanan arah jarum jam untuk pendinginan. Namun, perhatikan bahwa kipas angin mungkin membuat kamu merasa lebih nyaman, tetapi itu tidak membantu mencegah gangguan penyakit terkait panas, menurut CDC.

Cara teraman untuk tetap dingin jika suhu mendekati 40o C adalah dengan mandi air dingin atau pergi ke suatu tempat dengan AC. (aru)

Baca Juga:

Cara Bikin Rumah Anjing Tetap Adem Meski Cuaca Panas

#Inspirasi #Udara Panas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan