Ruang Gerak Pembalap MotoGP di Lombok Dibatasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 10 Februari 2022
Ruang Gerak Pembalap MotoGP di Lombok Dibatasi
Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Sistem gelembung atau "bubble" MotoGP Mandalika, diterapkan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, telah berjalan ketat. Sistem "bubble" membatasi ruang gerak para pebalap dengan hanya memperbolehkan mereka untuk berada di hotel, sirkuit dan tempat olahraga.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menegaskan, beberapa pembalap MotoGP yang telah tiba di Mandalika untuk tes pramusim terlihat melakukan aktivitas di luar tempat-tempat yang ditentukan dalam sistem "bubble" tersebut.

Baca Juga:

IADO Ikut Awasi Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika

Terkait hal itu, Abdulbar mengatakan bahwa mereka yang beraktivitas di luar "bubble" berada dalam pengawasan ketat.

"Jadi kalau yang dilihat kemarin itu mereka sudah ada yang mengawasi. Mereka hanya boleh exercise, hotel dan di sirkuit, dan kalau ada yang berinteraksi itu dengan pengawasan kita," kata Abdulbar di Jakarta, Rabu (10/2).

Abdulbar menjelaskan, penyelenggara dari awal telah berkoordinasi dengan satgas COVID-19, Kementerian Kesehatan dan juga BNPB untuk akhirnya menetapkan sistem "bubble."

Ia mengatakan, berusaha untuk memperkuat sistem bubble ini dengan didampingi untuk setiap perjalanan kru dan pembalap yang berjumlah 526.

"Termasuk kemarin arahan dari Marsekal Hadi Tjahjanto selaku ketua panitia bahwa setiap perjalanan pebalap ke mana pun itu didampingi dengan satu personel dari BNBP dan panitia."

Mandalika. (Foto: Antara)
Bandara Mandalika. (Foto: Antara)

Abdulbar mengatakan, tes PCR telah dilakukan dengan hasil secara keseluruhan negatif.

"Saat WSBK kami juga berhasil untuk tidak menjadi cluster baru, semoga di preseason test dan di MotoGP nanti kami bisa melakukan standar yang sama sehingga tidak ada kasus baru lagi," kata Abdulbar.

Pembalap asal Prancis Fabio Quartararo, tertangkap kamera tengah mengunjungi konter telepon selular (HP) di Kuta Mandalika Lombok Tengah, Selasa (8/2).

Sementara, pembalap tim Aprilia Alex Espargaro dari unggahan Instagram-nya tampak berkeliling Mandalika dengan menggunakan sepeda.

Para pembalap datang dari Malaysia, setelah melakukan tes pramusim di Sepang, dengan dua pesawat shuttle mendarat di Lombok. (Knu)

Baca Juga:

MotoGP Mandalika Pakai Nama Pertamina Grand Prix of Indonesia

#Mandalika #Sirkuit Mandalika #MotoGP #Pembalap #COVID-19
Bagikan
Bagikan