RSUD Tulungagung Rawat Dua Anak Positif Difteri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 13 Desember 2017
RSUD Tulungagung Rawat Dua Anak Positif Difteri
Ruang perawataan pasien difteri di RSUP Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (12/12). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

MerahPutih.com - RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur merawat dua pasien anak yang didiagnosa positif terinfeksi bakteri difteri (Corynebacterium diphteriae). Keduanya sempat mengalami susah bernafas karena tenggorokan yang nyaris tersumbat.

Menurut keterangan Kabid Pelayanan Medis dan Perawatan RSUD dr Iskak, dr Zomrotul Aini kedua pasien anak penderita difteri saat ini kondisinya sudah membaik.

Satu dari dua pasien tersebut bahkan sudah diizinkan pulang pada Senin (11/12), setelah bakteri difteri yang bersarang di tenggorokan atau saluran pernafasan dalam berhasil dibersihkan menggunakan obat antidifteri.

"Sekarang masih ada satu pasien anak penderita difteri yang dirawat di ruang isolasi. Namun, kondisinya juga sudah berangsur membaik, mungkin besok sudah boleh pulang," kata dokter spesialis anak ini, di Tulungagung, Selasa (12/12), dilansir Antara.

Kedua pasien yang dirawat masing-masing adalah Muhamad Khoirul Azam (6), warga Desa Petungroto Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan M Aryasatya Radhitya (3) anak warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung.

Khoirul Azam sudah pulang dengan status sudah bebas penyakit difteri, namun untuk Arya masih dalam pengawasan tim medis RSUD dr Iskak meski kondisinya sudah membaik dan lendir difteri yang menyumbat lubang pernafasan bagian dalam (di tenggorokan) sudah menghilang.

"Arya ini masuk pada 5 Desember, ini sudah sepekan dirawat di IRNA di ruang isolasi dan mendapat penanganan intensif. Kondisinya sekarang sudah baik, tapi sekarang masih tahap pembersihan (bakteri) yang mungkin tersisa," tutur dr Aini.

Dalam kurun 2017, kata dr Aini, kasus difteri belum pernah ditangani tim medis RSUD dr Iskak, kecuali dua pasien tersebut. (*)

#Jawa Timur #Difteri
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan