RSUD Mimika Tak Memadai untuk Pemeriksaan Kesehatan Paslon Pilkada Pemilihan Bupati Mimika. (TARA FOTO/Spedy Paereng)

MerahPutih.com - Keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika, Papua, dengan tipe C tidak memungkinkan sebagai pelaksanaan tes atau pemeriksaan bakal pasangan calon peserta pilkada serentak di daerah setempat.

Tujuh bakal paslon yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran ke KPU Mimika harus segera melakukan tes kesehatan di Jayapura.

Untuk pemeriksaan kesehatan para kandidat, KPU akan menjalin kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua.

"Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan mulai Kamis (11/1) hingga Senin (15/1). Seluruh pasangan calon bupati-wakil bupati Mimika harus mengikuti tahapan itu di Jayapura bersama dengan para paslon bupati-wakil bupati dari enam kabupaten lainnya," jelas Ketua KPU Mimika Theodora Ocepina Magal di Timika, Kamis (11/1), seperti dilansir Antara.

Ia menerangkan bahwa pemeriksaan kesehatan para kandidat bupati-wakil bupati Mimika harus dilakukan di Jayapura mengingat rumah sakit yang ada di Timika maupun di ibu kota enam kabupaten lainnya yang menyelenggarakan Pilkada belum ada yang bertipe A alias masih bertipe C.

"Pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon harusnya dilakukan di rumah sakit tipe A, tapi di Papua standarnya masih tipe B. Di Timika rumah sakit yang ada masih tipe C sehingga berdasarkan rekomendasi yang ada pemeriksaan kesehatan harus dilakukan di Jayapura," jelasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH