RSUD DKI Siap Tampung Perawatan Massa Korban Aksi 22 Mei RSUD Tarakan Jakarta Pusat. (Foto:situsbudaya.id)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan DKI menginstruksikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di ibu kota untuk siap siaga menampung korban, bila nanti pengerahan massa saat pengumuman Pemilu oleh KPU pada 22 Mei 2019.

Instruksi ini dikeluarkan melalui surat edaran Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti nomor 52/SE/2019. Adapun, berdasarkan informasi yang beredar pada tanggal 22 Mei diperkirakan akan ada gelombang aksi massa yang melakukan unjuk rasa di KPU dan Bawaslu.

Surat edaran Kepala Dinas dikeluarkan pada tanggal 17 Mei 2019 dengan kop surat tertulis: "Dukungan kesehatan terkait pengumuman pemilihan umum presiden dan pemilihan legislatif 2019". Adapun isi surat edaran yang ditandatangani Wisyastuti pada Jumat, 17 Mei 2019:

1. Mempersiapkan RS untuk menerima pasien rujukan terkait kegiatan tersebut (pengumuman hasil pemilu).

2. Pembiayaan pasien dengan skema BPJS Kesehatan, bila tidak dijaminkan pada BPJS bisa dijaminkan kepada Dinkes DKI Jakarta.

3. Setiap RS membuat laporan berupa: online dan manual.

"Surat edaran ini untuk menjadi perhatian dan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam surat edaran itu.

petugas kesehatan
Petugas Kesehatan

Widyastuti juga menuturkan, pihaknya menyiagakan sebanyak 337 personel di semua RSUD DKI pada 22 Mei untuk mengantisipasi jatuhnya korban. 337 personel tersebut meliputi 82 dokter umum, 173 perawat dan 82 sopir ambulan. (Asp)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH