RSKI Pulau Galang Sembuhkan 4.767 Pasien COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 03 Maret 2021
RSKI Pulau Galang Sembuhkan 4.767 Pasien COVID-19
Arsip Foto. Anak buah kapal berdoa bersama setelah selesai menjalani karantina di RSKI Pulau Galang di Kepulauan Riau. (ANTARA/Pradanna Putra Tampi)

MerahPutih.com - Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I mengatakan sebanyak 4.767 pasien COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) COVID-19 Pulau Galang, Kepulauan Riau sudah sembuh, terhitung hingga Rabu (3/3).

"Untuk pasien yang sedang menjalani perawatan tercatat sebanyak 3.498 orang," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kemudian, untuk pasien rawat inap di RSKI Pulau Galang, hingga kini dilaporkan sebanyak 155 orang dengan rincian 81 laki-laki dan 74 perempuan.

Baca Juga:

Pulau Galang Bakal Jadi Laboratorium Vaksin

Jumlah tersebut berkurang 116 pasien dari jumlah sebelumnya mencapai 271 orang.

Dari jumlah tersebut, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 terdata sebanyak 41 orang dan 114 orang dinyatakan suspek.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pasien, terhitung mulai 12 April 2020 hingga 3 Maret 2021 pukul 08.00 WIB, pasien yang terdaftar di RSKI Pulau Galang sebanyak 8.462 orang dan yang telah diizinkan pulang 8.307 orang.

Rinciannya, pasien rujuk 42 orang, pasien membaik atau sembuh 4.767 orang dan suspek selesai perawatan mencapai 3.498 orang.

Gedung isolasi RS COVID-19 Pulau Galang, Kepulauan Riau. ANTARA/HO/Waskita
Gedung isolasi RS COVID-19 Pulau Galang, Kepulauan Riau. ANTARA/HO/Waskita


Selain tempat perawatan pasien COVID-19, RSKI Pulau Galang digunakan sebagai lokasi penelitian di masa depan.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana membangun laboratorium vaksin di Pulau Galang, sebagai target jangka panjang.

Khususnya menunjang wacana pembentukan satuan anti-serangan biologi di masing-masing matra TNI.

"Terkait laboratorium ini masih dalam tahap perencanaan," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Baca Juga:

RSKI Pulau Galang Rawat 325 Pasien COVID-19

Wiku mengatakan, laboratorium yang akan dibangun fokus meneliti virus di masa mendatang. Laboratorium tersebut rencananya berstandar biosafety level tiga dan empat.

Pemilihan Pulau Galang sebagai lokasi pendirian laboratorium tak lepas dari keberadaan Rumah Sakit Infeksi (RSI) yang digunakan untuk isolasi pasien COVID-19. RSI dilengkapi dengan ruang observasi yang bisa menampung 500 ranjang. (*)

Baca Juga:

Tak Ada Lagi Pasien Positif COVID-19 di RS Darurat Pulau Galang

#Kepulauan Riau #COVID-19 #Pasien Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan