RS Darurat COVID-19 TNI AD Mulai Dibangun di Benteng Vastenburg Solo

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 22 Januari 2021
RS Darurat COVID-19 TNI AD Mulai Dibangun di Benteng Vastenburg Solo
Anggota TNI AD mulai membangun rumah sakit darurat di Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) mengirim semua logistik yang diperlukan untuk mendirikan rumah sakit darurat (RSD) COVID-19 di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/1). Sementara untuk tenaga kesehatan (nakes) akan menginduk pada RST Slamet Riyadi.

Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rano Tilaar mengatakan, logistik untuk pembangunan rumah sakit darurat COVID-19 yang dikirimkan dari Jakarta mulai berdatangan di halaman Benteng Vastenburg, Solo sejak Kamis (21/1) malam.

Baca Juga:

Pemerintah Bangun Strategi Ekonomi Digital

"Rumah sakit lapangan untuk penanganan COVID-19 yang diinisiasi TNI AD mulai kami bangun. Semua logistik yang dikirim KSAD dari Jakarta sudah sampai ke Solo," kata Rano.

Untuk mendirikan rumah sakit darurat, TNI AD dibantu oleh relawan, KNPI dan Menwa. Sinergitas ini menunjukkan sedemikian besar antusias masyarakat Solo dalam mendirikan rumah sakit darurat.

"Dengan keberadaan rumah sakit lapangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menekan angka kasus COVID-19 di Solo," kata dia.

Anggota TNI AD mulai membangun rumah sakit darurat di Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/1). (MP/Ismail)

Proses pembangunan infrastruktur rumah sakit lapangan ini memakan waktu sekitar tujuh hari kedepan. Untuk kesiapan operasional tenaga medis, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan komandan rumah sakit lapangan.

"Kami targetkan tujuh hari kedepan semua logistik rumah sakit darurat di lapangan dengan konsep tenda 100 kamar bisa rampung terpasang" tutur dia.

Baca Juga:

E-Commerce dan Media Online Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Ia belum bisa memastikan kapan RS Darurat ini bisa beroperasi. Hal itu berkaitan juga dengan kesiapan tenaga kesehatan.

"Rumah sakit lapangan ini sebagai bagian dari upaya-upaya pemerintah daerah dan pusat dalam bersama-sama menekan angka kasus COVID-19 di Solo," tutup dia. (Ismail/Jawa Tengah)

#TNI AD #COVID-19 #Kasus Covid #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan