Rp 275 Miliar untuk Keamanan Mark Zuckerberg Ilustrasi. (foto: Pixabay)

FACEBOOK tengah berada dalam sorotan setelah skandal kebocoran data terkuat beberapa waktu lalu. Sang CEO, Mark Zuckerberg, pun harus merilis permintaan maaf satu halaman penuh di sejumlah surat kabar ternama. Tak hanya itu, ia juga menghadapi investigasi atas kebocoran data pengguna Facebook.

Tak berhenti di sana, sorotan publik kini teralih ke pengeluaran Facebook untuk biaya keamanan sang CEO. Dalam sebuah laporan publik, Facebook diketahui mengalami peningkatan pengeluaran dalam hal menjaga keselamatan Zuckerberg sepanjang 2017. Pengeluaran itu meningkat hampir 50% dari angka US$ 5,8 juta pada 2016.

Seperti dikutip dari CNN Money, secara keseluruhan, Facebook menghabiskan sekitar US$ 20 juta atau sekitar Rp 275 miliar untuk Zuckerberg sejak 2015. Jumlah pengeluaran yang fantastis itu digunakan untuk biaya keamanan, perjalanan, dan pesawat pribadi suami Priscilla Chan tersebut.

Wah, apakah sebegitu ketatnya pengamanan untuk Zuckerberg?

Menurut perusahaan media sosial tersebut, biaya keamanan yang cukup besar memang dialokasikan untuk sebuah 'program keamanan menyeluruh'. Tujuannya, menghadapi ancaman keamanan yang muncul akibat posisinya sebagai pembuat, kepala, dan CEO Facebook.

"Perusahaan menganggap langkah keamanan ini perlu untuk kepentingan perusahaan. Hal itu mengingat betapa pentingnya Zuckerberg untuk Facebook," ujar pernyataan dalam laporan tersebut.

mark zuckerberg
Mark Zuckerberg menghasilkan US$ 3 juta selama 10 jam ditanyai Kongres AS. (foto:NewIndianExpress)

Semua pengeluaran untuk 'sistem keamanan menyeluruh' itu meliputi biaya pesawat pribadi, di dalamnya termasuk fee, biaya bahan bakar, kru, dan katering. Selain itu, perusahaan juga membayari personel sekuriti dan sistem keamanan di rumah Zuckerberg.

Enggak cuma keamanan CEO yang dibayari Facebook, biaya perjalanan dan keamanan COO Facebook Sheryl Sanberg juga ditanggung. Mereka merogoh kas sebesar US$ 2,7 juta selama tahun lalu. Itu belum termasuk gaji, bonus, dan penghargaan dalam bentuk saham sebesar US$ 22,5 juta.

Sebagai perbandingan, CEO Apple tim Cook diharuskan oleh perusahaan untuk bepergian menggunakan pesawat pribadi, baik untuk keperluan bisnis ataupun pribadi. Untuk itu, Apple merogoh US$ 317 ribu untuk biaya sekuriti dan perjalanan Cook selama tahun lalu.

Zuckerberg dan Sanberg sama-sama tengah melakukan pengendalian kerugian terkait dengan bocornya data 2 juta pengguna Facebook.

Awal minggu ini, Zuckerberg bahkan harus menghadap Kongres untuk menjelaskan masalah tersebut. Sesi dengar pendapat selama 10 jam tersebut disorot sebagai sebuah lelucon ketika beberapa anggota Kongres tampak tak memahami cara kerja Facebook menghasilkan uang dan mengolah data.

Yang tak kalah menarik, meski tengah ditanyai selama 10 jam, Zuckerberg malah menghasilkan US$ 3 juta. Hal itu disebabkan pergerakan saham Facebook yang naik kembali. Meski menghasilkan uang dalam jumlah fantastis, Zuckerberg hanya mengambil US$ 1 dari gaji tahunannya, tahun lalu.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH