Festival Film Cannes

Rp 14 Miliar Hanya untuk Tes COVID-19 di Festival Film Cannes 2021

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 22 Juli 2021
Rp 14 Miliar Hanya untuk Tes COVID-19 di Festival Film Cannes 2021
Demi keselamatan para peserta. (Foto: Variety)

FESTIVAL Film Cannes ke-74 digelar di tengah pandemi COVID-19. Demi keselamatan sekitar 28 ribu peserta, festival tersebut telah mengeluarkan lebih dari USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar hanya untuk pengujian COVID-19. Mereka yang berasal dari Uni Eropa tidak perlu melakukan tes, cukup menunjukkan bukti vaksinasi saja.

Mengutip Variety, aktris asal Prancis Lea Seydoux, yang tiga filmnya masuk dalam kompetisi, terpaksa membatalkan perjalanannya karena dinyatakan positif COVID-19. Beberapa orang khawatir bahwa itu bisa menjadi awal dari gelombang kasus. Namun sejauh ini, belum ada laporan tentang wabah besar di Cannes.

“Ini adalah festival yang luar biasa. Kami berhasil melakukannya pada waktu dan kondisi yang tepat. Semua berjalan dengan lancar berkat protokol yang ketat dan tanggung jawab,” kata direktur artistik festival, Thierry Fremaux.

Baca juga:

Spike Lee Dipercaya jadi Presiden Juri Festival Film Cannes 2021

Rp 14 Miliar Hanya untuk Tes COVID-19 di Festival Film Cannes 2021
Titane memenangkan Palme d'Or. (Foto: The Guardian)

Bintang ternama Adam Driver juga terbang ke Prancis untuk menghadiri pemutaran perdana film Annette. Selain itu, film komedi garapan sutradara Wes Anderson, The French Dispatch, mendapat tepuk tangan meriah selama sembilan menit, termasuk para pemainnya seperti Timothee Chalamet, Bill Murray, dan Tilda Swinton.

Tak lupa juga Spike Lee, presiden juri dalam Festival Film Cannes 2021 menjadi sorotan. Ia sempat mengejutkan Cannes ketika mengumumkan Titane sebagai pemenang Palme d’Or. Titane berkisah tentang gadis kecil bernama Alexia yang dipasangi pelat titanium di kepalanya akibat sebuah kecelakaan. Entah bagaimana, pelat titanium itu mengubah Alexia. Ia menjauh dari orangtuanya dan lebih memilih bercinta dengan mobil.

Sutradara Titane, Julia Ducournau juga menjadi perempuan pertama yang memenangkan Palme d’Or. Fremaux mengatakan hadiah itu dipilih oleh juri-juri yang kompeten.

Baca juga:

Song Kang-ho Jadi Juri di Festival Film Cannes 2021

Rp 14 Miliar Hanya untuk Tes COVID-19 di Festival Film Cannes 2021
Spike Lee menjadi presiden juri. (Foto: News Funnel Live)

Aktor Matt Damon juga menangis karena mendapatkan standing ovation berkat aktingnya sebagai pekerja konstruksi di Stillwater.

“Kami tidak pernah membayangkan bahwa reuni akan begitu mewah,” kata Fremaux yang mengakui belum pernah melihat begitu banyak tepuk tangan di Cannes.

Penghargaan aktris terbaik diberikan kepada aktris Norwegia Renate Reinsve untuk perannya yang cemerlang dalam The Worst Person in the World. Film itu berkisah tentang seorang perempuan muda yang menilai dirinya sendiri dengan keras karena tidak dapat memutuskan antara kekasih, jalur karier, dan apakah dia ingin membesarkan anak. (and)

Baca juga:

Matt Damon Menangis di Festival Film Cannes 2021, Ada Apa?

#Festival Film Cannes #Festival Film #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan