Royal Wedding 1981 Vs Royal Wedding 2018, Pestanya Harry Lebih Terbatas Banyak perbedaan pada pernikahan kerajaan Inggris kali ini. (Foto: tvn24)

BESOK Pangeran Harry akan mempersunting Meghan Markle, demam pernikahan kerajaan ini sudah merebak sejak keduanya mengumumkan pertunangannya. Meskipun tidak dapat dibandingkan namun pernikahan Pangeran William kurang seseru pemberitaan pernikahan Pangeran Harry.

Namun pernikahan anak-anak kerajaan Inggris itu masih kalah dengan pernikahan kedua orangtua mereka, Pangeran Charles dan Putri Diana. Pernikahan orangtua William dan Harry menjadi pernikahan terbesar dan paling diingat di abad 20. Apalagi Pangeran Charles adalah pewaris kerjaan Inggris.

Posisi Pangeran Harry saat ini berbeda dengan Pangeran Chales. Charles masih memiliki posisi naik menjadi raja Inggris, sedangkan Harry masih jauh berada di bawahnya. Meskipun demikian baik Harry dan Meghan adalah selebrita dunia yang sangat populer. Bisa jadi melebihi popularitas ayahnya itu. Apalagi Meghan menyandang status selebrita Hollywood.

Ada enam perbedaan mendasar antara pernikahan kerajaan di tahun 1981 dan 2018. Persamaannya adalah segala sesuatu tentang anggota kerajaan selalu menarik untuk diintip.

royal wedding
Royal Wedding. (Foto: hearstapps)


Penyiaran

Pernikahan Charles-Diana pada tahun 1981 ditonton lebih dari 750 juta orang di seluruh dunia. Saat itu menjadi salah satu tontonan yang paling ditunggu-tunggu. Pemberitaan keduanya juga banyak menyedot perhatian. Meskipun kala itu tidak seheboh sekarang. Kala itu keterbatasan jarak dan waktu membuat berita yang ada sangat terbatas, berbeda dengan sekarang yang tak mengenak batas.

Dapat dipastikan bahwa jumlah penonton pernikahan Harry dan Meghan tidak akan sebanyak penonton ayah dan ibunya waktu itu. Namun keduanya tetap ditonton orang di seluruh Amerika melalui jaringan TV berbayar mulai dari Fox News sampai HBO. Konon kabarnya New York Times akan menyiarkan Live Streaming online. Pernikahan Harry-Meghan menjadi pernikahan yang mudah diakses oleh semua orang.

Seandainya teknologi digital sudah mencapai perkembangan yang pesat di tahun 1981. Tidak terbayangkan bagaimana jadinya kepadatan di dunia internet penuh dengan cuitan, penuh dengan instastory, penuh dengan like, penuh dengan live streaming. Bisa dibayangkan kehebohan di antara 750 juta orang.

harry-meghan
Meghan-Harry. (Foto: variety)


Media

Media selalu berada di belakang, di depan dan di samping anggota keluarga kerajaan. Tak terkecuali sewaktu Charles-Diana menikah di tahun 1981. Segala sesuatu yang berhubungan dengan keduanya sangat berarti bagi media. Seperti yang dituliskan oleh Vanity Fair, desainer baju pengantin Diana harus menyimpan sketsa-sketsa yang salah daripada dibuang. Sebab nantinya wartawan akan mengambilnya meskipun sudah menjadi sampah.

Pada waktu itu semua terdokumentasi pada kertas, pita seluloid atau bentuk media lainnya. Berbanding dengan saat ini yang semuanya tersimpan dalam bentuk digital.

Dibandingkan dengan jaman ayah dan ibunya Harry, saat ini media sangat dibatasi untuk meliput pernikahan Harry-Meghan. Untuk di kapel saja, pihak keluarga hanya menyediakan satu kursi untuk reporter. Kemudian empat reporter yang diperbolehkan meliput di seputaran gedung. Media Inggris memprotes kebijakan tersebut, namun Harry-Meghan menginginkan pernikahannya lebih pribadi.


Hadiah

Jangan susah-susah mengirimkan hadiah pernikahan pada Harry-Meghan. Mereka bukannya tidak menghargai namun demi alasan keamanan keduanya tak mungkin menerimanya. Kecuali memang hadiah itu diberikan oleh negara-negara sahabat mereka, seperti dari negara-negara persemakmuran.

Hadiah Charles-Diana yang diberikan oleh para diplomat sudah diregistrasikan dengan baik. Konon hadiah-hadih itu disimpan di suatu tempat di London, hanya bisa dilihat oleh teman-teman dekat saja.

Berbeda dengan Harry-Meghan yang mengungkapkan secara terbuka pada publik. Jika publik hendak memberikan hadiah pada mereka, keduanya sudah membuat daftar yayasan untuk menerima hadiah-hadih mereka. Yayasan-yayasan yang pernah bekerjasama dengan Diana sebelumnya.

royal wedding
Tamu-tamu VIP. (Foto: travelandleisure)


Gereja

Jika Pangeran William dan Catherine (Kate) Middleton menikah di Westminster Abbey, adalah hal yang biasa saja. Semua keluarga kerajaan menikah di gereja itu. Namun berbeda dengan Charles-Diana yang memilih gereja St. Paul tempat mengikat janji keduanya. Keduanya memilih St. Paul karena mampu menampung orang lebih banyak.

Nah, saat ini Harry dan Meghan tidak membuatnya menjadi lebih besar, semuanya menjadi lebih terbatas dan private. Kapel St. George sangat dekat dengan dirinya karena sebagian besar hidupnya dihabiskan di Windsor.


Makanan

Soal makanan Charles-Diana lebih menghadirkan makanan-makanan yang menjadi tradisi pernikahan di keluarga kerajaan Inggris. Mulai dari ayam hingga kambing, dessertnya tetap ada stroberi dan krim. Termasuk kue pernikahannya yang terdiri dari buah-buahan dengan keju beku.

Sedangkan Harry-Meghan lebih modern meninggalkan hidangan tradisional. Bahkan sajiannya jauh lebih segar. Ada kabar katanya Meghan tetap mempertahankan diet vegan di akhir pekan, bisa jadi ada menu vegan pada sajian resepsi pernikahan keduanya.


Tamu

Tamu pada pernikahan Charles-Diana adalah tamu-tamu sangat penting yang sangat berpengaruh di dunia. Seperti Reagan-Nancy juga Perdana Menteri Margareth Thatcher. Namun agaknya pernikahan Harry-Meghan tidak mengundang tokoh-tokoh politik dalam pestanya. Meskipun Harry berteman baik dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Meskipun pesta pernikahan Harry berbeda dengan orangtuanya, namun publik tetap memandang sebagai pesta pernikahan yang wajib ditonton. Semuanya ingin berbahagia atas pernikahan itu. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH