Roy Suryo Sebut Peran 'Buzzer' Pengaruhi Citra Jokowi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo menyebut tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap Presiden Joko Widodo disebabkan buzzer pendukung yang rajin memoles citra Jokowi di dunia maya.

Pernyataan itu, menanggapi temuan survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia yang menyebut mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo.

"Saya juga melihat di dunia maya, saya juga mengapresiasi kepada para tim yang berada di balik pencapain ini. Mereka bekerja luar biasa ekstra keras," kata Roy di kantor Indikator Politik Indonesia, Jalan Cikini V, Jakarta, Rabu (11/10).

Roy menuturkan, para buzzer mempunyai peran besar dalam memperbaiki citra Jokowi selama ini. Menurutnya, jika ada yang mengkritik pemerintah, para buzzer tersebut tak segan melakukan perlawanan balik.

"Mereka inilah yang berada di balik pemberitaan, kalau kita membaca berita di medsos. Jadi, kalau ada berita dan komentar bagus tentang pak Jokowi langsung tim mereka bergerak," kata dia.

"Tidak ada yang berani masyarakat mengkritik. Kalau ada yang mengkritik, langsung diserang dengan 10 bahkan 100 hujatan. Saya pun mengalami," tambahnya.

Fenomena buzzer, kata Roy, memang baru merebak di era pemerintahan Jokowi-JK. Dia menilai, hal tersebut dapat membahayakan bagi demokrasi karena akan melahirkan pemerintahan yang anti-kritik.

"Pemerintah kalau ada kritikan terbuka saja, demi kemajuan bangsa ini. Jangan alergi dengan kritik, harus ada ruang kritik. Sebab, semua rezim tidak pernah ada yang bagus, termasuk pak SBY," tandasnya. (Pon)

Baca berita terkait survei Indikator Politik Indonesia di: Burhanudin: Jenderal Ini Pantas Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH