Rotterdam Akan Memiliki Peternakan Ayam Terapung Modern Rotterdam menjadi pelopor arsitektur terapung. (Foto: dezeen)

BANYAK yang dilakukan kota Rotterdam ketika berbicara tentang landmark dan arsitektur di area publik. Di sini kamu akan menemukan rumah kubus Piet Blom yang sangat indah, atau patung besar di tengah kota yang oleh penduduk setempat dijuluki buttplug gnome.

Dalam beberapa tahun terakhir, semua berfokus di jalur air kota. Para arsitek berupaya mengubah kota pelabuhan terbesar di Eropa ini menjadi pelopor arsitektur terapung. Sebelumnya belum pernah ada proyek yang mendapat perhatian lebih daripada peternakan sapi perah terapung besar. Proyek ini menciptakan banyak keriuhan di wilayah pelabuhan Merwehaven pada tahun 2018.

Baca juga:

Ide Pertanian Vertikal ini Cocok untuk Area Perkotaan

1
Bertujuan membantu kota memproduksi lebih banyak makanan sendiri. (Foto: optimistdaily)

Dilansir laman Timeout, sekarang Goldsmith, praktik arsitektur di balik proyek itu, baru saja meluncurkan desain untuk peternakan ayam dan selada yang akan dibangun di sampingnya.

Seperti pendahulunya, Floating Farm Poultry bertujuan untuk membantu kota memproduksi lebih banyak makanan sendiri. Juga menunjukkan kepada anak-anak setempat bagaimana peternakan modern beroperasi. Memperlihatkan pula di mana kota-kota yang penuh sesak dapat beralih ke saluran air untuk menampung semakin banyak rumah dan bisnis.

Peternakan akan terdiri dari dua lantai di atas permukaan air, satu lantai di bawah air. Sekitar 7.000 ayam betina akan menempati lantai atas. Tanaman selada hasil dari energi LED digarap di ruang bawah. Area untuk proses telur dan selada ada di lantai tengah. Jalan setapak umum akan memungkinkan pengunjung untuk mengamati kegiatan pertanian sehari-hari.

Baca juga:

Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark

2

Memiliki struktur yang lebih 'ramah hewan' (Foto: timeout)

Jika kamu khawatir pusat kota industri mungkin bukan tempat yang cocok untuk memelihara ayam yang sehat. Namun para arsitek bersikeras bahwa struktur itu akan lebih 'ramah-hewan' daripada kebanyakan peternakan tradisional. Jendela kaca segitiga menawarkan banyak cahaya alami, sementara panel surya di atap akan memberikan keteduhan yang konstan.

Selain menjalankan peternakan sapi perah, Goldsmith juga telah merancang struktur untuk perusahaan Floating Farm Holding. Kota itu sepertinya mendapatkan lebih banyak produk lokal. Pihak perusahaan mengatakan jika dua bangunan yang tidak biasa ini hanyalah awal dari 'jalur makanan' yang mengambang. (lgi)

Baca juga:

Gua Kaltbach untuk Mematangkan Keju

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH